TribunPekanbaru/

Pengajuan DAK 2018 Daring ke Pusat, Bappeda Kampar Mulai Entri 21 April

"Jadi bukan seperti dulu lagi secara parsial ke masing-masing kementerian. Sekarang (diajukan) satu pintu melalui

Pengajuan DAK 2018 Daring ke Pusat, Bappeda Kampar Mulai Entri 21 April
rri.co.id
ilustrasi apbd 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Pemerintah Pusat menerapkan sistem perencanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018 untuk daerah secara daring. Penerapannya dalam entri data sudah dimulai tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kampar, Azwan mengungkapkan, sistem yang diistilahkan dengan e-Planning DAK ini masih baru. Selain sistemnya yang baru, proses pengajuan juga berubah.

"Jadi bukan seperti dulu lagi secara parsial ke masing-masing kementerian. Sekarang (diajukan) satu pintu melalui Bappenas. Semua usulan ddisatukan dan dikoordinir Bappeda," jelas Azwan, Rabu (19/4/2017). Ia menjelaskan, Bappeda telah menjadwalkan proses penginputan usulan mulai 21 April sampai 10 Mei 2017.

Azwan menjelaskan, sistem ini telah disosialisasikan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kampar, Selasa (18/4). Sosialisasi hanya sehari setelah sosialisasi di Bappenas.

Menurut Azwan, waktu untuk entri data tergolong singkat. Oleh karena itu, entri data perlu digesa agar selesai tepat waktu. Sehingga seluruh usulan DAK tertampung dan kemungkinan dikabulkan oleh pusat lebih besar. "Semua sudah terjadwal by sistem. Makanya (entri) nggak bisa telat," katanya.

Menurut Azwan, pemrosesan usulan DAK melibatkan enam instansi berjenjang. Mulai dari Pemerintah Kabupaten, Provinsi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri sampai ke kementerian teknis sesuai bidang masing-masing.

Lebih jauh, Azwan menjelaskan, tiap OPD harus menyerahkan usulan kepada operator pada Bappeda. Usulan terdiri dari perencanaan dan data pendukung. Selanjutnya diinput oleh petugas admin. (*)

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help