TribunPekanbaru/

Rokan Hulu

Plt Bupati Rencanakan Kegiatan Mandai Ulutaon Menjadi Agenda Tahunan

Pasalnya dari sejarah kedatangan Boru Namora Suri Ajung Jati Di Huta Kaiti, juga menjadi asal usul masyarakat Kaiti di Rohul.

Plt Bupati Rencanakan Kegiatan Mandai Ulutaon Menjadi Agenda Tahunan
TribunPekanbaru/Donny Putra
Saat Menghadiri acara Manda'i ulu taon di desa rambah tengah barat kecamatan Rambah. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - ‎ Pelaksana tugas harian (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri kegiatan Mandai Ulutaon (Makan bersama) di bagas Rarangan Boru Namora suri Andang Jati Huta Haiti, di desa Rambah Tengah Barat, kecamatan rambah, Rabu (19/3/2017).

Pada kegiatan tersebut, Plt Bupati Rohul H.Sukiman ‎berencana menjadikan kegiatan Mandai Ulutaon yang dipusatkan di Bagas Rarangan Boru Namora Suri Andang Jati Huta Haiti menjadi agenda tahunan di pemerintahan Rohul.

Menurutnya, kegiatan ini mengingatkan kembali tentang sejarah dan kebudayaan asli dari bagian Rohul. Pasalnya dari sejarah kedatangan Boru Namora Suri Ajung Jati Di Huta Kaiti, juga menjadi asal usul masyarakat Kaiti di Rohul.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga mengadung banyak arti, tentang bagaimana masyarakat secara bersama-sama ‎bersyukur atas rezeki yang diberikan kepada sang pencipta, dengan menggelar makan bersama.

Diakuinya, ini perlu dilestarikan dan dijaga, karena ini juga merupakan daya tarik dari wisata yang ada di Rohul. Tentunya dengan melestarikan budaya, maka pariwisata Rohul akan semakin baik.

"Disini kan juga ada peninggalan sejarah, seperti bagas Godang, jejak terakhir Boru Namora Suri Andang Jati, dan Makam Sutan Laut Api, makanya perlu dilestarikan," ungkapnya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help