Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Hari Wafatnya Chairil Anwar Diperingati Sastrawan dan Budayawan

Iyut menjelaskan Parade Puisi Chairil ini nantinya akan menampilkan pembacaan puisi karya Chairil Anwar maupun puisi yang menceritakan tentang Chairil

Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Hari Wafatnya Chairil Anwar Diperingati Sastrawan dan Budayawan
Foto/net

TRIBUNPEKANBARU.COM, LIMAPULUH KOTA - hari wafatnya penyair pelopor Angkatan 1945, Chairil Anwar, yang jatuh pada 28 April 2017, akan diperingati sejumlah sastrawan dan budayawan di kampung halaman penyair itu, di Jorong Parik Dalam, Kanagarian Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Iyut Fitra, penyair asal Payakumbuh mengatakan peringatan wafatnya Chairil dengan acara Parade Puisi.

Menurutnya, parade puisi ini juga langkah awal menuju perjuangan menjadikan Chairil Anwar sebagai Pahlawan Nasional.

"Parade ini juga bertujuan untuk lebih mendekatkan sastra ke tengah masyarakat. Semoga ke depan bisa terwujud keinginan untuk menggelar Festival Chairil Anwar setiap tahun di Nagari Taeh," ujar Iyut Fitra yang baru saja meluncurkan buku puisi berjudul Baromban ini.

Iyut menjelaskan Parade Puisi Chairil ini nantinya akan menampilkan pembacaan puisi karya Chairil Anwar maupun puisi yang menceritakan tentang Chairil.

Untuk pembacaan puisi tersebut, dikatakannya boleh siapa saja yang ingin menampilkan pembacaan puisi di depan Rumah Gadang Chairil Anwar yang berlokasi di Taeh, Kabupaten Limapuluh Kota tersebut.

"Saat ini sudah tercatat beberapa nama yang akan membacakan puisi seperti penyair Irman Syah, Kunni Masrohanti, Yulfian Azrial, Adri Sandra dan anak asuhnya, pelajar SMKN 4 Payakumbuh, dan beberapa nama lainnya serta saya sendiri juga akan membacakan puisi karya Chairil," kata Iyut.

Sebelumnya, sejumlah budayawan dan sastrawan asal Sumbar telah menggagas dan mengusulkan penyair Chairil Anwar menjadi pahlawan nasional karena telah ikut berjuang melalui karya sastranya yang menjadi bukti alat perjuangan. (klikpositif.com)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help