TribunPekanbaru/

Menangis Saat Mengupas Bawang, Coba Tips Ini

Anda yang sering memasak tentu pernah mengalami sensasi pedas pada mata saat mengiris bawang.Bahkan, tak jarang sampai ada yang menangis. Kenapa, ya?

Menangis Saat Mengupas Bawang, Coba Tips Ini
usaweekend.com
Bawang merah 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Anda yang sering memasak tentu pernah mengalami sensasi pedas pada mata saat mengiris bawang.

Bahkan, tak jarang sampai ada yang menangis. Kenapa, ya?

Menangis saat memotong bawang bukan berasal dari bau bawang.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa bawang merah, putih, bombay diperkaya oleh vitamin C, B1 dan B6, bersama dengan dosis tinggi dari kalium, fosfor, dan serat.

Meskipun tidak semua orang menyukai bawang, bumbu dapur yang masuk dalam spesies tanaman Allium ini memiliki potensi untuk memerangi kolesterol jahat, menurunkan hipertensi, dan meminimalisir pembekuan darah.

Di sisi lain, minyak atsiri yang membantu memberikan bawang rasa khasnya mengandung sekelompok molekul organik yang disebut asam amino sulfoksida.

Ketika Anda mengupas, memotong, atau menggepreknya, bawang melepaskan enzim lachrymatory-factor synthase, yang mengubah molekul-molekul ini menjadi sulfenic acid.

Molekul ini secara spontan melakukan pengaturan ulang untuk membentuk syn-propanethial-S-oxide. Ketika syn-propanethial-S-oxide (kombinasi dari asam sulfat, sulfur dioksida, dan hidrogen sulfida) memasuki udara di sekitar hidung dan wajah Anda, kelompok senyawa ini membangkitkan refleks tangisan air mata.

Reaksi pembentukan syn-propanethial-S-oxide memuncak sekitar 30 detik setelah kerusakan mekanis bawang dan melengkapi evolusi kimianya selama sekitar 5 menit.

Lalu adakah triknya agar mata tak menangis saat memotong bawang?

Halaman
123
Editor: Sesri
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help