TribunPekanbaru/

Rekonsiliasi Aset Kampar, Hanya Setda yang Belum Selesai

"Progres semoga paling lama pekan depan (rekonsiliasi aset) sudah tuntas," kata Edward, Jumat sore. Ia

Rekonsiliasi Aset Kampar, Hanya Setda yang Belum Selesai
Tribunpekanbaru/Nando
Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi dan istri 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Rekonsiliasi aset Pemerintah Kabupaten Kampar masih berlangsung hingga lewat dua pekan. Sekretariat Daerah merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menyelesaikan rekonsiliasi aset sampai Jumat (21/4/2017).

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kampar, Edward mengungkapkan, progres rekonsiliasi aset Setda masih 65 persen hingga Kamis (20/4). Menurut dia, pada Jumat (21/4), rekonsiliasi aset Setda masih berjalan.

"Progres semoga paling lama pekan depan (rekonsiliasi aset) sudah tuntas," kata Edward, Jumat sore. Ia menjelaskan, rekonsiliasi aset pada Setda lebih lambat karena terdiri dari beberapa bagian.

Sementara, kata dia, pengelolaan aset sebelum OPD baru masih terpusat di Bagian Perlengkapan. Sehingga proses pencatatan aset menjadi lebih rumit.

Edward menegaskan, lambannya rekonsiliasi aset Setda bukan terletak pada kendaraan dinas. "Kita kan hanya menyesuaikan saja (antara hasil audit BPK dengan arsip Setda). Lebih ke administrasinya," katanya.

Menurut Edward, rekonsiliasi aset pada OPD lain sudah rampung. Adapun pekerjaan yang tersisa hanya perbaikan kekurangan.

Edward mengatakan, di samping rekonsiliasi aset, cek fisik terhadap mobil dinas tiap OPD juga sedang berjalan. Pihaknya mengoptimalkan cek fisik kendaraan pada OPD yang telah rampung rekonsiliasi aset.

Diketahui, rekonsiliasi aset menindaklanjuti hasil audit BPK terhadap laporan keuangan Pemkab Kampar. BPK menemukan ketidaksesuaian antara belanja modal aset dengan aset yang ada. Akibatnya Kampar tidak mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sejak beberapa tahun terakhir.

Penjabat Bupati Kampar, Syahrial Abdi mengemukakan, rekonsiliasi aset merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk mencapai WTP. Rekonsiliasi aset melibatkan BPK. (*)

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help