TribunPekanbaru/

Peringati Hari Kartini, Ibu-ibu Berkebaya Ikut Main Futsal

Beragam kegiatan yang digelar pada acara yang dimulai sejak pagi tersebut. Mulai dari arak-arakan sepeda hias, senam maumere, futsal, lomba memasak

Peringati Hari Kartini, Ibu-ibu Berkebaya Ikut Main Futsal
Tribun Pekanbaru/Alex
Ibu-ibu berkebaya juga ikut main futsal, peringatan hari Kartini yang digelar anggota DPRD Riau, Ade Hartati, Minggu (23/4/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan hari Kartini, anggota Komisi E DPRD Riau, Ade Hartati menggelar sejumlah kegiatan, yang dilaksanakan di halaman kantor DPRD Riau, bersama sekitar seratus lebih ibu-ibu yang datang dari berbagai kecamatan, Minggu (23/4/2017).

Beragam kegiatan yang digelar pada acara yang dimulai sejak pagi tersebut. Mulai dari arak-arakan sepeda hias, senam maumere, futsal, lomba memasak, dan berbagai aktivitas menarik lainnya. dengan sangat antusias, peserta yang hadir sangat bersemangat mengikuti acara yang juga dipusatkan di lapangan tenis tersebut.

Uniknya, semua kegiatan yang dilaksanakan tersebut, para ibu-ibu yang hadir semuanya mengenakkan kebaya. Sehingga menambah keseruan acara tersebut. Untuk futsal, sebagian ibu-ibu mengenakkan pakaian olahraga futsal, namun ada juga sebagian yang mengenakkan kebaya, sehingga pemandangan dalam kegiatan tersebut benar-benar tampak unik dan meriah.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Kartini. Berbagai kegiatan kita laksanakan di sini, mulai dari pawai bersepeda, lomba memasak, futsal, dan lainnya,” kata Ade Hartati kepada Tribun, di sela-sela kegiatan tersebut.

Dikatakan Ade, melalui kegiatan tersebut, dirinya juga sekaligus memotivasi ibu-ibu dalam meneruskan semangat juang Kartini, dan juga mengajak masyarakat melihat secara penuh posisi perempuan, dimana ia juga bisa berperan dalam masyarakat.

“Bagi perempuan, tampil di publik tersebut tidak harus meninggalkan perannya sebagai perempuan, tapi tetap bisa berjalan seiring dua-duanya,” imbuhnya.

Bagi Ketua Fraksi PAN DPRD Riau ini, hari Kartini adalah merupakan momentum dimulainya perjuangan kaum perempuan, agar mendapat kesempatan yang setara dengan kaum laki-laki, kesempatan yang sama dalam bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, ekonomi, sosial dan hak-hak perempuan dimata hukum, dan lainnya.

Anggota DPRD Riau Ade Hartati (berkacamata bening) saat pelepasan sepeda santai dalam peringatan Hari Kartini, Minggu (23/4/2017) dari halaman Kantor DPRD Riau.
Anggota DPRD Riau Ade Hartati (berkacamata bening) saat pelepasan sepeda santai dalam peringatan Hari Kartini, Minggu (23/4/2017) dari halaman Kantor DPRD Riau. (TRIBUNPEKANBARU.COM/ALEXANDER)

Ia juga mengatakan, perjuangan Kartini merupakan titik awal bangkitnya kesadaran kaum perempuan untuk membangun kesetaraan. “Kesetaraan yang dimaksud adalah, bagaimana kita semua bisa saling menghargai, saling menghormati peran masing-masing, baik peran di ranah public, mau pun ranah domestik atau rumah tangga,” tuturnya.

Dijelaskannya, dalam ranah domestik, peran perempuan sebagai istri, sebagai ibu harus dilihat sebagai peran yang mulia, dimana dari rahim seorang perempuan akan lahir generasi-generasi kedepan, yang cerdas dan berakhlak mulia.

“Sementara, peran perempuan di ranah publik, harus didorong untuk terus survive, agar keseimbangan dan keadilan dalam pembangunan bisa dinikmati dan diakses seluas-luasnya oleh kaum perempuan. Hal ini sesuai dengan sila kelima dari Pancasila, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya. (*)

SUBSCRIBE Youtube --> Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook --> Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter --> @tribunpekanbaru.

Penulis: Alex
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help