Rokan Hulu

Selama April 2017, PN Pasirpangaraian Tangani Tiga Perkara Praperadilan

Ketiga perkara itu yakni gugatan praperadilan diajukan pemohon Umi Handayani boru Siregar dengan termohon Polres Rohul.

Selama April 2017, PN Pasirpangaraian Tangani Tiga Perkara Praperadilan
ilustrasi/net
ilustrasi sidang

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN- Pada April 2017, Pengadilan Negeri (PN) Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menangani sedikitnya tiga perkara praperadilan.

Humas PN Pasirpangaraian, Irpan Hasan Lubis SH, mengungkapkan, ketiga perkara itu yakni gugatan praperadilan diajukan pemohon Umi Handayani boru Siregar dengan termohon Polres Rohul.

Ia menambahkan, perkara dengan pemohon Umi menuntut Polres Rohul menangkap pelaku penganiayaan, disertai penjarahan dan pembakaran rumah pemohon yang terjadi 2005 silam sudah putus.

Sedangkan dua perkara yang belum putus yakni tuntutan dari keluarga tersangka pencurian pemberatan (Curat) dengan termohon Polsek Ujung Batu.

Serta gugatan praperadilan tersangka Bimtek di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Rohul, Arie Kurnia Arnold, Camat Rambah Hilir, dengan termohon Kejaksaan Negeri Pasirpangaraian.

"Satu perkara sudah putus, dua perkara lagi masih dalam proses," jelasnya, Selasa (25/4/2017) di kantor pengadilan Rohul

Terkait praperadilan dengan pemohon Umi Handayani, hakim PN Pasirpangaraian menolak gugatan, karena laporan pemohon tetap ditindaklanjuti oleh Polres Rohul, belum dihentikan penyelidikan atau SP3.

Pemohon Umi menuntut penyidik Polres Rohul segera menangkap para pelaku yang melakukan penganiayaan terhadap dirinya, penjarahan, serta pembakaran rumahnya di Sei Kuti Kecamatan Kunto Darussalam.

Irpan mengaku, dengan banyaknya masyarakat yang mengajukan Prapradilan menandakan bahwa masyarakat sudah "Melek" hukum, untuk itulah, banyak mesayakat yang mau mengajukan Prapradilan.(*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved