TribunPekanbaru/

Advertorial

Pemkab Pelalawan Wujudkan Desa Inovatif, HM Harris: Setiap Desa Harus Punya Website

Pemkab Pelalawan telah menginisiasi pengembangan Desa Inovatif dengan mendorong desa-desa untuk menggali, mengembangkan, dan mengadopsi teknologi

Pemkab Pelalawan Wujudkan Desa Inovatif, HM Harris: Setiap Desa Harus Punya Website
TribunPekanbaru/Johanes
Bupati Pelalawan, HM Harris 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kabupaten Pelalawan saat ini telah memiliki percontohan Desa Inovatif yang akan dikembangkan ke seluruh wilayah kecamatan. Program ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017.

Menurut Bupati Pelalawan HM Harris, pembentukan Desa Inovatif merupakan mimpi pemerintahannya sejak awal sebagai pengembangan wawasan dan peningkatan sumber daya manusia di Pelalawan.

Pemkab Pelalawan telah menginisiasi pengembangan Desa Inovatif dengan mendorong desa-desa untuk menggali, mengembangkan, dan mengadopsi teknologi, serta memanfaatkannya untuk mempermudah dan memperlancar aktivitas ekonomi, sosial dan budaya.

"Upaya tersebut dilakukan dengan memperkuat lembaga Pos Pelayanan Teknologi di kecamatan dan Warung Teknologi di desa dan kelurahan," tutur Harris kepada Tribun, Selasa (25/4/2017).

Harris menjelaskan, terdapat tiga desa yang dibina oleh LSM Mitra Insani Riau, dengan memulai aktivitas-aktivitas pedesaan tersebut yang mengarah pada pengembangan kreativitas dan keinovasian.

Upaya-upaya yang telah dilakukan ini tentu masih harus digenjot lagi. Mengingat Desa Inovatif itu dicirikan dengan desa yang ekosistem berinovasinya meningkat signifikan, budaya kreatif berkembang, ekonomi kreatifnya berdaya saing dan berwawasan lingkungan, jejaring kemitraan IPTEKIN meningkat pesat, serta bisnis inovatifnya tumbuh baik.

"Setiap desa diwajibkan memiliki website tersendiri. Jadi setiap kejadian atau kegiatan diberitakan ke portal. Artinya pendamping juga harus mengajari perangkat desa cara menulis berita," tandasnya.

Pemkab Pelalawan menyadari bahwa pembangunan desa yang didukung kemauan berinovasi atau adanya budaya inovasi bagi para warganya.

Maka dapat dipastikan desa tersebut akan lebih cepat maju dan berkembang, sehingga langkah-langkah pembangunan yang dilakukan lebih berdaya guna dan berhasil guna.

Pengembangan Desa Inovatif ini tentulah bukan hal mudah. Perlu dilakukan secara terencana, tersistem, dengan langkah yang tepat, dan kebijakan yang implementatif.

"Website akan mendukung percepatan pembangunan di masing-masing desa. Karena kita mengalokasikan setiap tahun dana pembangunan infrastruktur," kata Bupati Harris. (Adv)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help