TribunPekanbaru/

Advertorial

Bapedda Pekanbaru Siap Awasi Perencanaan Pembangunan

"Kita di Bappeda ini bukan eksekusi pekerjaan. Namun, kita hanya sebagai perencanaan.Tetapi, kita harus mengawal pekerjaan pembangunan," kata Yusrizal

Bapedda Pekanbaru Siap Awasi Perencanaan Pembangunan
Kepala Bappeda Kota Pekanbaru Ir Yusrizal 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Saat ini, jumlah Organisasi Peringkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru berjumlah sebanyak 34 OPD.

Sementara itu, setiap OPD mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Seluruh OPD yang ada tersebut akan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Begitu juga dengan Badan Perencanaan Pembangunan dan Daerah (Bappeda).

Sebab fungsi dan tugas Bapedda ini untuk mengawasi dan mengawal perencanaan pembangunan di Kota Pekanbaru. Selain itu, tugas prioritas dari Bapedda adalah perencanaan tentang pembangunan hingga selesai. Seperti salah satunya mengawasi perencanaan di bidang pendidikan, kesehatan dan yang lainnya.

Kepala Bappeda Kota Pekanbaru Ir Yusrizal, mengatakan, Bappeda ini melakukan kegiatan pelaksanaan musrenbang, laporan perencanaan lakip, laporan masa jabatan serta laporan akhir tahun. Namun, yang paling penting pada prinsipnya adalah perencanaan pembangunan. Mesk begitu, Bappeda harus selalu berkoordinasi dengan semua OPD serta pihak lainnya. Hal itu, dalam menunjang perencanaan pembangunan di Kota Pekanbaru.

Suasana Musrenbang di aula kantor Walikota Pekanbaru, beberapa waktu lalu
Suasana Musrenbang di aula kantor Walikota Pekanbaru, beberapa waktu lalu ()

"Kita di Bappeda ini bukan eksekusi pekerjaan. Namun, kita hanya sebagai perencanaan.Tetapi, kita harus mengawal pekerjaan pembangunan yang dilakukan oleh setiap OPD yang sudah dianggarkan di APBD. Seperti berapa lama pengerjaaannya, berapa bahanya dan dimana lokasinya, kita harus tahu itu semuanya, sehingga perencanaannya bisa terarah dan tepat sasaran,'' ujar Yusrizal.

Dijelaskan Yusrizal, selain itu, pihaknya juga ada program monitor evaluasi pekerjaan (Monep), sehingga apapun pekerjaaan yang akan dilaksanakan bisa dikawal hingga selesai.

"Kita siapkan program ini untuk mengawasi setiap perencanaan pekerjaan pembangunan. Jadi, kita tahu apa saja yang menjadi kebutuhan dalam perencanaan yang dilakukan OPD masing-masing.Intinya, perencanaan pembangunan tersebut bisa diketahui, hingga selesai. Intinya Bappeda melakukan perencanaan program pemerintah yang strategis, sehingga lebih baik lagi,'' ujarnya.

Yusrizal menerangkan, pada prinsipnya Bappeda hanya mengawasi dan mengawal perencanaan pembangunan. "Kalau eksekusi pengerjaaannya kan ada di masing-masing OPD. Jadi, OPD lah yang mekakukan pekerjaaan hingga selesai,'' ungkap Yusrizal.

DikatakanYusrizal, kegiatan musrenbang yang dllakukan itu untuk mengetahui secara lengkap apa saja kebutuhan dalam perencaanaan pembangunan.

"Makanya setiap rapat tentang musrenbang kita selalu ikutkan semua elemen yang terkait. Hal ini, agar perencanaan pembangunan bisa berjalan sesuai keinginan bersama,'' terang Yusrizal.

Lebih jauh Yusrizal mengatakan, setiap melakukan perencaanan , jika pihaknya yidak kuat tentu mengajak kerjasama dengan pihak lainnya seperti dari konsultan, pakar serta ahli tentang pembangunan. Hal itu dilakukan agar apapun perencanaan yang diusulkan bisa sesuai dengan target yang diharapkan.

"Kita kan lebih ke SDMnya. Jika tidak kuat kita akan gandeng pihak yang berkompeten di dalam perencanaan pembangunan. Makanya kita terus tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan stakholder dalam membantu menyusun perencanaan,'' sebut Yusrizal.

Dalam kesempatan ini Yusrizal juga mengatakan, bahwa pihaknya (Bappeda) harus bisa berkoordinasi dengan semua pihak. ''Baik itu, di OPD di lngkungan Pemko Pekanbaru, Begitu juga dengan pihak lainnya. Hal ini sangat membantu penunjang kinerja penyusunan perencanaan pembangunan,'' tutup Yusrizal. (Adv-opd/Diskominfo)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help