TribunPekanbaru/

Hari Kebersihan Tangan Sedunia, RSIA Eria Bunda Gelar Kegiatan Edukasi untuk Pasien dan Pengunjung 

Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan tangan.

Hari Kebersihan Tangan Sedunia, RSIA Eria Bunda Gelar Kegiatan Edukasi untuk Pasien dan Pengunjung 
ISTIMEWA
Pemperingati Hand Hygiene Day atau Hari Kebersihan Tangan Se- Dunia pada tanggal 5 Mei ini, Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda mengadakan berbagai kegiatan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka memperingati Hand Hygiene Day atau Hari Kebersihan Tangan Se- Dunia pada tanggal 05 Mei ini, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan tangan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah : Senam Sehat yang di padukan dengan edukasi 5 momen dan 6 langkah kebersihan tangan, edukasi kepada pasien dan pengunjung Rumah Sakit. Sertamemberikan mini hand rub atau cairan pembersih tangan kepada pasien dan keluarga pasien di RSIA Eria Bunda.

Infection Prevention Control Nurse atau perawat pencegah dan pengendali infeksi RSIA Eria Bunda, Donna Rizki mengatakan bahwa salah satu program pencegahan dan pengendalian infeksi paling penting adalah kebersihan tangan.

Hal ini sangat penting untuk memutus mata rantai penularan infeksi yang ada di Rumah Sakit. Perawat senior yang sudah mengikuti pelatihan IPCN ini mengatakan, RSIA Eria Bunda sudah menggalakkan kebersihan tangan di lingkungan Rumah Sakit.

“Ada beberapa program yang telah kita lakukan untuk membangun kesadaran dan budaya kebersihan tangan ini. Pada tahun lalu kita juga mengadakan lomba hand hygiene dance antar unit serta pada saat sekarang ini senam sehat rutinitas RSIA Eria Bunda setiap jumat pada hari ini kita masuk kan materi hand hygiene," ujarnya.

Selain itu, salah satu peran penting Komite PPI adalah memberikan edukasi kepada pasien maupun pengunjung Rumah Sakit. Bertepatan dengan Hand Hygiene Day hari ini, Komite PPI kembali melakukan edukasi door to door kepada pasien.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSIA Eria Bunda, dr. Ade Fajri Kurnia mengatakan bahwa pada hari ini edukasi yang dilakukan kepada pasien memang lebih special karena pasien yang masuk pada hari ini mendapatkan edukasi hand hygiene atau kebersihan tangan langsung oleh Dokter Pencegah dan Pengendali Infeksi atau IPCD bersama Perawat PPI atau IPCN.

“Pasien yang masuk pada hari ini mendapat goody bag special serta mini hand rub yang bisa digunakan”. Mudah-mudahan berkesan buat pasien kami," sebutnya.

Dokter yang juga merupakan seorang trainer Pencegah dan Pengendali Infeksi ini menjelaskan bahwa Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda sudah mulai menggalakkan program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi ini sejak akhir tahun yang lalu.
“Sebelumnya program PPI di Rumah Sakit kami belum optimal, tapi sejak akhir tahun lalu sedikit demi sedikit sudah dapat memenuhi standar yang ada”. Ke depan, kita juga akan meluncurkan berbagai program agar dapat lebih mendekatkan diri lagi dengan masyarakat. (rls)

Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help