TribunPekanbaru/

LSP PLKN Gelar Sertifikasi Profesi, Kali Ini Sasar Para Mahasiswa

LSP PLKN kembali mengadakan Sertifikasi Profesi 2017. Kali ini sasarannya adalah para mahasiswa Universitas Riau dan STP Riau.

LSP PLKN Gelar Sertifikasi Profesi, Kali Ini Sasar Para Mahasiswa
TribunPekanbaru/Zul Indra
LSP PLKN kembali mengadakan Sertifikasi Profesi 2017 di Hotel Furaya Pekanbaru, Jumat (5/5) 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru : Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - LSP PLKN kembali mengadakan Sertifikasi Profesi 2017. Kali ini sasarannya adalah para mahasiswa Universitas Riau dan STP Riau. Direncanakan 147 peserta, berasal dari jurusan kepemanduan, biro perjalanan wisata dan perhotelan.

"Kita mensasar para mahasiswa, karena mereka calon pekerja di bidang pariwisata. Sehingga nantinya mereka sudah mempunyai bekal dan sertifikat setelah menamatkan diri dari perkuliahan,"ujar Direktur LSP Pariwisata Lancang Kuning Nusantara, Drs Riyono Gede Trisoko MM.

Riyono menambahkan, sejak awal tahun 2017 hingga saat ini, sudah 1200 orang yang disertifikasi oleh pihak LSP PLKN. Mereka berasal dari tiga provinsi, yakni Riau, Sumbar dan Kepulauan Riau.

Sementara itu, Kepala bidang pengembangan kurikulum sdm kepariwisataan, Kementrian Pariwisata, M Yusuf Saharuna menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu sasaran Kemenpar, untuk meningkatkan Sumbar Daya Manusia Indonesia di bidang pariwisata. 

"Jika sebelumsebelumnya peserta sertifikasi adalah pekerja di bidang industri. Sekarang sasaran kita adalah para pelajar dan mahasiswa. Gunanya untuk meningkatkan kualitas kemampuan mereka di bidang kepariwisataan. Sebelum mendapatkan pekerjaan, mereka harus punya kompetensi dan skill dulu diluar ijazah. Sertifikasi ini sudah standar asean. Dimanapun bekerja, tidak ada masalah. Termasuk ke luar negeri sekalipun,"tuturnya.

Dilanjutkan Yusuf, sejauh ini, Indonesia masih kekurangan tenaga kerja di bidang pariwisata. Masih banyak di perhotelan khususnya di daerah merekrut pekerjaan umum yang belum memiliki kompetensi di bidang pariwisata.

"Mereka memang sudah memiliki pengalaman di lapangan, namun belum di bidang teknis dan skill,"sambungnya.(*)

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: Zul Indra
Editor: Sesri
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help