TribunPekanbaru/

Bang Andi Menyapa

Pemprov Riau Sangat Komit Membantu Masyarakat Miskin

Tahun ini, Pemprov Riau melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan akan membangun sebanyak 2 ribu unit RLH yang tersebar di 268 desa

Pemprov Riau Sangat Komit Membantu Masyarakat Miskin
Bang Andi Menyapa 

KOMITMEN Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam membantu masyarakat miskin sering menjadi pertanyaan. Saya ingin tegaskan bahwa Pemprov Riau sangat komit dan memiliki banyak program kegiatan yang berorientasi membantu masyarakat miskin atau kurang mampu.

Salah satunya adalah program pembangunan 6 ribu Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakat miskin. Program pembangunan RLH ini dimulai tahun ini dan kita targetkan tuntas pada Tahun Anggaran (TA) 2019 mendatang.

Untuk tahun ini, Pemprov Riau melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) akan membangun sebanyak 2 ribu unit RLH yang tersebar di 268 desa di 12 kabupaten dan kota dengan anggaran lebih dari Rp100 miliar.

Satu unit RLH akan memakan biaya sebesar Rp50 juta. Pembangunan RLH dilakukan secara swakelola oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) masing-masing desa. Seluruh kepala desa dari 268 desa sudah diundang oleh Dinas PKPP untuk membahas teknis pembentukan Pokmas dan teknis pembangunan RLH.

Direncanakan pada akhir Mei atau paling lambat awal Juni tahun ini, pembangunan RLH segera terealisasi. Untuk menghindari atau meminimalisir penyelewengan dalam pemberian (hibah) RLH kepada masyarakat miskin atau kurang mampu, semua nama penerima sudah tercantum dengan jelas dalam DPA. Jadi sudah by name by address.

Nama-nama tersebut berdasarkan usulan dari 12 kabupaten dan kota. Tentu saja sudah melalui proses yang jelas tolak ukurnya. Dimana yang menerima benar-benar masyarakat yang tergolong kurang mampu dan secara logika memang tidak mungkin mampu membangun rumah yang layak huni.

Untuk Tahun Anggaran 2018, Pemprov Riau melalui Dinas PKPP sudah mengusulkan lagi pembangunan sebanyak 2.151 RLH. Biasanya sekitar Oktober 2017 dilakukan terlebih dahulu verifikasi terhadap nama-nama penerima. Sehingga nanti yang menerima benar-benar tepat sasaran.

Tidak boleh ada penyelewengan atau salah sasaran. Jangan sampai orang yang tergolong mampu juga ikut menikmati bantuan RLH ini. Saya sebagai Gubernur pasti akan memantau secara seksama bantuan RLH ini.

Insya Allah 6 ribu RLH akan selesai kita bangun hingga Tahun Anggaran 2019. Dengan demikian, kita harapkan tidak ada lagi masyarakat Riau yang tidak punya rumah atau tunawisma. (*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help