TribunPekanbaru/

Kondisi Jembatan yang Sebabkan Riau-Sumbar Macet Panjang di Kuok

Jembatan yang terletak di Kilometer 75/76 Desa Merangin Kecamatan Kuok dinyatakan tidak dapat dilalui seluruh jenis kendaraan, Minggu (14/5/2017).

Kondisi Jembatan yang Sebabkan Riau-Sumbar Macet Panjang di Kuok
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sihombing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Jembatan yang terletak di Kilometer 75/76 Desa Merangin Kecamatan Kuok dinyatakan tidak dapat dilalui seluruh jenis kendaraan, Minggu (14/5/2017). Penyebabnya, sebagian badan jembatan rusak.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kampar, Indra Pomi usai meninjau lokasi, mengungkapkan, jembatan mengalami kerusakan cukup parah pada sisi yang ditabrak sebuah truk, 8 Mei 2017 lalu. Hantaman truk membuat struktur konstruksi jembatan, ada yang bergeser.

Selain itu, baja tangan-tangan jembatan juga bengkok. "Girder (baja pada penyangga jembatan) nampaknya bergeser itu," ujar Indra, Minggu malam. Dijelaskan dia, pergeseran struktur konstruksi menimbulkan keretakan pada lapis beton jembatan.

Indra mengatakan, keretakan membuat badan jembatan turun dan menimbulkan getaran yang dapat dirasakan ketika kendaraan bertonase tinggi melintas. Dirinya langsung menghubungi pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II, Kementerian Pekerjaan Umum begitu informasi diterima, Minggu sore.

Menurut Indra, tak berapa lama kemudian, Petugas dari BBPJN langsung turun ke lokasi. Petugas telah melakukan serangkaian uji ketahanan beban. "Sudah dilakukan loading test. Nampaknya untuk kendaraan bertonase besar agak riskan," jelasnya.

Indra mengatakan, pihak BBPJN akan segera melakukan perbaikan. Kerusakan ini terlebih dahulu dilaporkan ke Direktorat Jalan Bina Marga Kemen PU. Ia berterima kasih atas respon cepat BBPJN. Ia berharap jembatan segera normal kembali.

"Mudah-mudahan dalam dua hari ini ditangani. Apalagi sebentar lagi Lebaran," kata Indra berharap gangguan Lalu Lintas tidak berlangsung lama.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: nando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help