TribunPekanbaru/

Minta Masjid Raya Dimasukkan Lagi ke Cagar Budaya, Tim Laskar Melayu ke BPCB Batusangkar

"Kita bawa bukti untuk meyakinkan PPNS, bahwa pemugaran total Masjid Raya bukan persetujuan para tokoh

Minta Masjid Raya Dimasukkan Lagi ke Cagar Budaya, Tim Laskar Melayu ke BPCB Batusangkar
internet
Masjid Raya Pekanbaru 

Laporan Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM,  PEKANBARU - Tim yang dibentuk Laskar Melayu Riau Kota Pekanbaru, yang menangani persoalan Masjid Raya, sudah bertolak ke Batusangkar, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (15/5/2017) kemarin. Tujuan tim yang dipimpin Khairi SH ini, meminta kepada Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), yang berkedudukan di Batu Sangkar, agar Masjid Raya Pekanbaru dimasukkan lagi ke situs cagar budaya.

Ketua Laskar Melayu Riau, yang juga anggota DPRD Pekanbaru H Fathullah mengatakan, kedatangan mereka ke Batusangkar untuk meyakinkan PPNS BPCB, supaya Masjid Raya Pekanbaru tidak dihapus dari cagar budaya. Makanya rombongan yang dibawa, didominasi para tokoh Melayu Riau, Pekanbaru, yang tahu kondisi kenapa Masjid Raya tersebut dipugar habis-habisan.

"Kita bawa bukti untuk meyakinkan PPNS, bahwa pemugaran total Masjid Raya bukan persetujuan para tokoh adat. Tapi hanya kepentingan beberapa oknum, yang notabene-nya banyak kepentingan. Selanjutnya, oknum tersebut akan diperkarakan oleh tim, sesuai aturan berlaku. Keterangan ini lah yang kita sampaikan ke PPNS," tegas Fathullah kepada Tribunpekanbaru.com.

Dia berharap, lampiran bukti yang dibawa tim Laskar Melayu ini, bisa menjadi pertimbangan pihak BPCB, untuk menetapkan status Masjid Raya Pekanbaru. Setelah itu, pihaknya meminta agar BPCB menjelaskannya ke pemerintah pusat, melalui Kementerian terkait.

"Setelah dari Batusangkar, kita akan ke Kejati Riau, untuk melaporkan secara resmi, oknum yang menjadi otak pelaku pemugaran Masjid Raya ini. Intinya, kita akan bawa ke ranah pidana secara resmi," tegasnya.

Tim Laskar Melayu Riau sendiri, tambah Fathullah, juga sudah mengagendakan untuk melaporkan hal ini ke Dirjen Kebudayaan dan Situs Cagar Budaya di Jakarta, serta ke DPR RI. "Jadi, kita tidak main-main dalam kasus ini. Kita inginkan bentuk dan bangunan Masjid Raya kembali seperti semula lagi," terangnya. (Saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help