TribunPekanbaru/

Kampar

Jembatan Kuok Kembali Dapat Dilalui Tiga Hari Lagi

Sebelum tiang penyangga atau skor dipasang, badan jembatan yang turun didongkrak terlebih dahulu.

Jembatan Kuok Kembali Dapat Dilalui Tiga Hari Lagi
Tribun Pekanbaru/Fernando Sihombing
Kondisi jembatan di Kilometer 75-76, Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kampar yang rusak. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Nando

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) memutuskan mengambil upaya cepat perbaikan jembatan Kuok yang nyaris amblas. Jembatan ditargetkan normal kembali dalam pekan ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kampar, Indra Pomi mengungkapkan, perbaikan dimulai Selasa (16/5/2017) sore. Pihak Kementerian akan memasang tonggak penyangga untuk memperkuat jembatan menahan beban.

"Dari Kementerian tadi (Selasa) bilang, targetnya dua atau tiga hari ini sudah bisa normal lagi," ungkap Indra, Selasa sore.

Senada dikemukakan Staf P2JN Wilayah I, Yudi mengungkapkan, pemasangan penyangga akan memakan waktu sekitar tiga hari. "Semua jenis kendaraan nanti bisa melintas kembali," ujarnya dikonfirmasi terpisah.

Sebelum tiang penyangga atau skor dipasang, badan jembatan yang turun didongkrak terlebih dahulu.

Yudi mengakui, perbaikan ini hanya untuk sementara. Artinya, tidak bisa dibiarkan permanen karena ketahanan penyangga terbatas. Ia mengungkapkan, Kementerian PUPR berencana akan membangun jembatan baru di sebelahnya. Setelah jembatan baru usai, maka jembatan lama diperbaiki menyeluruh.

Pada akhirnya, jembatan di Kilometer 75 / 76 Jalan Lintas Riau-Sumbar Desa Merangin Kecamatan Kuok itu menjadi ganda. "Jembatan nantinya jadi dua jalur," kata Yudi. Ia menuturkan, desain jembatan baru telah siap dirancang sebelum jembatan lama nyaris amblas.

Menurut Yudi, pembangunan jembatan baru direncanakan mengingat jembatan yang telah ada sudah tua. Jembatan tua ini dibangun 1979 silam dan lantainya telah mengalami beberapa kali perbaikan. (*)

Penulis: nando
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help