TribunPekanbaru/

Tahanan Kabur

VIDEO: Komisi III DPR RI Datangi Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru

Komisi III DPR RI meninjau Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sialang Bungkuk Kelas IIB Pekanbaru

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi III DPR RI meninjau Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sialang Bungkuk Kelas IIB Pekanbaru, Selasa (16/5/2017).

Rombongan yang dipimpin oleh Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Muhammad Nasir Djamil ini tampak didampingi oleh Kapolda Riau , Waki Gubernur Riau , Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Ham Riau serta Pelaksana Harian (Plh) Rutan Sialang Bungkuk Kelas IIB.

Aggota Komisi III sempat melihat-lihat sejumlah ruangan dan berbincang dengan tahanan paska kaburnya 400 tahanan Jumat (5/5/2017) lalu. Komisi III DPR RI juga sempat berbincang dan tahanan dan melihat pintu yang menjadi akses ratusan tahanan sialang bungku kabur.

M. Nasir Djamil menuturkan kedatangan Komisi III DPR RI ini dalam rangka meninjau langsung sekaligus mencarikan solusi terkait permasalahan yang ada di Rutan Sialang Bungkuk.

"Ada beberapa persoalan memang yang kita lihat di dalam, seperti sarana dan prasarana serta over kapasitas,"katanya.

Pihaknya juga mengakui, dalam hal pengamanan, jumlah penghuni tidak sebanding dengan jumlah penjaga.

Kondisi ini diakuinya memang permasalahan hampir di semua Rutan dan Lapas yang ada di Indonesia.Untuk itu Komisi III DPR RI juga akan merekomendasikan ke Kementrian agar petugasnya ditambah sehingga dapat mengimbangi jumlah tahanan dan napi.

Pihaknya juga mengatakan akan berusaha untuk mencarikan solusi untuk permasalahan yang ada agar kejadian kaburnya tahanan tidak terulang kembali.(*)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help