TribunPekanbaru/
Home »

Video

EKSKLUSIF

VIDEO: Ruang Terbuka Hijau di Pekanbaru Belum Sampai 30 Persen

Kasi Penghijauan Bidang Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru, Langgeng Wahyudi membenarkan ruang terbuka hijau belum sampai 30 persen

Laporan Videografer Tribun Pekanbaru. Aan Ramdhani

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kepala Seksi (Kasi) Penghijauan Bidang Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru, Langgeng Wahyudi membenarkan ruang terbuka hijau di Kota Bertuah belum sampai 30 persen.

Sesuai UU No 26/2007 tentang penataan ruang mensyaratkan ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Selain dikelola pemerintah kota dan pemerintah provinsi, ruang terbuka hijau ada juga yang dikelola swasta, seperti Taman Alam Mayang, dan milik perguruan tinggi, seperti Unversitas Riau dan Universitas Islam Riau (UIR).

"Yang dikelola Pemko (pemerintah kota) memang masih sedikit. Paling hanya Hutan Kota (di belakang gedung LAM Riau, Jl Diponegoro) dan beberapa RTH yang di median jalan saja," papar Langgeng kepada Tribun, pekan lalu.

Langgeng mengungkapkan, dari 12 kecamatan di Pekanbaru, hanya tiga yang memiliki ruang terbuka hijau, yakni Pekanbaru Kota, Senapelan dan Rumbai.

Sementara ruang terbuka hijau yang dikelola oleh Pemko Pekanbaru di antaranya adalah Taman Kota, RTH depan Purna MTQ, RTH di Bawah Jembatan Siak II, RTH di Jl Cut Nyak Dien (belakang Pustaka Wilayah atau Puswil) serta RTH di seluruh jalur hijau dan median jalan.

"Harusnya satu kecamatan minimal punya satu RTH. Tapi sampai sekarang baru kecamatan Pekanbaru Kota, Senapelan dan Rumbai saja yang punya ruang terbuka hijau," terang dia. (*)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help