TribunPekanbaru/

Antisipasi Peredaran Uang Palsu, DPRD Pekanbaru Minta Lakukan Hal Ini

Ia mengatakan paling tidak untuk mengingatkan masyarakat lagi, bagaimana cara-cara mendeteksi uang asli dan uang palsu.

Antisipasi Peredaran Uang Palsu, DPRD Pekanbaru Minta Lakukan Hal Ini
Uang palsu senilai hampir Rp 4 juta yang diamankan polisi dari dua orang pria masing-masing berinisial RA (23) dan Si (46). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jelang puasa dan Lebaran nanti, masyarakat Kota Pekanbaru diminta untuk meningkatkan kewaspadaanya terhadap peredaran uang palsu.

Sekretaris Komisi I DPRD Pekanbaru Maspendri NS, Jumat (19/5/2017) mengharapkan, agar pihak Bank Indonesia (BI), segera mensosialisasikan hal ini ke masyarakat.

Ia mengatakan paling tidak untuk mengingatkan masyarakat lagi, bagaimana cara-cara mendeteksi uang asli dan uang palsu.

"Sasaran utama sosialisasi itu bisa ke pedagang, mahasiswa dan lingkungan masyarakat lainnya. Ini perlu dilakukan, mengingat aksi peredaran uang palsu di Bulan Ramadhan dan Lebaran selalu meningkat," tegas Maspendri kepada Tribunpekanbaru.com.

Tidak hanya sosialisasi tentang keaslian atau palsunya uang ke masyarakat, wakil rakyat juga meminta ke pihak BI untuk menyampaikan sanksi dan ancaman hukuman penjara bagi pelakunya. Hal ini perlu dilakukan, paling tidak untuk mewanti-wanti masyarakat, agar tidak terjerumus ke lingkaran kawanan pengedar uang palsu tersebut.

Lebih lanjut dipaparkan politisi PAN ini, di tengah masyarakat sendiri, apalagi di tengah bulan puasa nanti, dipastikan meningkatnya jumlah jasa penukaran uang pecahan di tengah masyarakat.

Masyarakat diminta menukar uang pecahan di tempat resmi seperti bank. Sementara bagi pedagang, jika menerima uang pecahan besar, maka diminta untuk memeriksa kondisi uang yang diterima asli atau tidak.

Agar bisa sejalan harapan ini, DPRD juga meminta kepada kepolisian senantiasa berusaha melakukan penyelidikan atas berbagai kasus kriminal. Semua aparat Babinkamtibmas yang ditempatkan di seluruh tempat, serta Satuan Intel, selalu diminta untuk membuat laporan apapun tentang yang terjadi. (*)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Sesri
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help