TribunPekanbaru/

Ramadhan 1438 H

Pastikan Ketersediaan Komoditi Pangan Utama dan HET, KPPU dan Tim Satgas Gelar Sidak

Pihaknya juga tidak ingin nantinya​ ada oknum yang melakukan penimbunan barang pangan atau menaikkan harga.

Pastikan Ketersediaan Komoditi Pangan Utama dan HET, KPPU dan Tim Satgas Gelar Sidak
TribunPekanbaru/Rizky Armanda
Sidak ketersediaan dan harga pangan. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah Batam bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang terdiri dari Disperindag Provinsi Riau, dan Polda Riau menggelar inspeksi mendadak atau sidak, Jumat (19/5/2017) siang.

Adapun yang disasar oleh petugas gabungan ini adalah pusat perbelanjaan Giant di jalan Nangka dan juga gudang distributor di jalan Jenderal.

Dalam hal ini, adapun tujuan digelarnya sidak yakni untuk memastikan ketersediaan komoditi pangan dan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah, khususnya pada 3 komoditi utama seperti minyak goreng, gula, dan daging beku.

"Dalam hal ini selain mengecek ketersediaan barangnya, kita juga akan lakukan pengawasan terhadap harga jualnya. Jangan sampai melebihi HET yang sudah ditentukan," ujar Lukman Sungkar selaku Ketua KPPU Wilayah Batam yang menaungi Provinsi Riau, Kepri, Jambi, dan Bangka Belitung.

Lukman menegaskan, pihaknya juga tidak ingin nantinya ada oknum yang melakukan penimbunan barang pangan atau menaikkan harga dengan nilai cukup tinggi, khususnya menjelang memasuki bulan suci Ramadhan.

"Jadi kita minta jangan ada yang melakukan penimbunan barang atau menaikkan harga sesukanya. Semua ada aturannya. Jika kedapatan, siap-siap saja akan dikenakan sanksi tegas," bebernya.

Dijelaskan Lukman, adapun ketentuan harga khususnya 3 komoditi utama tersebut antara lain minyak goreng harus dijual dengan harga maksimal Rp 11 ribu, gula maksimal Rp 12,5 ribu, dan daging beku Rp 80 ribu.

Bagi masyarakat, kalau mendapati ada toko ritel, pusat perbelanjaan, atau distributor yang menjual di atas harga maksimal, silahkan laporkan ke Satgas Pangan kita. Termasuk jika ada informasi tentang adanya penimbunan," tuturnya.(*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help