TribunPekanbaru/

Prince Court Kuala Lumpur Kirim Dokter Bedah Menjadi Pemateri Seminar

Disampaikan Shahrol saat gelaran konferensi pers di Baresolok Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (19/5), dirinya

Prince Court Kuala Lumpur Kirim Dokter Bedah Menjadi Pemateri Seminar
TribunPekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Dokter Ahli Bedah dari Rumah Sakit (RS) Prince Court, Shahrol Azmi Mohd Yasin (tengah), yang akan mengisi kegiatan seminar atau berbagi pengelaman ilmu kedokteran melalui kegiatan Southeast Asian Health and Tourism Expo 2017. Seminar tersebut akan berlangsung di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Sabtu (20/5). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Southeast Asian Health and Tourism Expo 2017 yang berlangsung sejak 19 Mei Hingga 21 Mei 2017 ini, juga akan dirangkai dengan kegiatan seminar atau berbagi pengalaman antar para dokter dari berbagai kota di Indonesia, tak terkecuali Riau.

Kegiatan yang berlangsung di Gudung Daerah atau kawasan Gubernuran, Jalan Diponegoro, Sabtu (20/5/2017), akan menghadirkan salah satu pembicara dari rumah sakit ternama di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia adalah salah seorang Ahli Bedah dari Rumah Sakit (RS) Prince Court, Dr Shahrol Azmi Mohd Yasin.

Disampaikan Shahrol saat gelaran konferensi pers di Baresolok Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (19/5), dirinya akan membawakan materi mengenai Laparoscopic Surgery atau Pembedahan menggunakan Laparoskopi di hadapan para dokter yang hadir.

Dijelaskan Shahrol, pembedahan semacam ini merupakan jenis operasi bedah terbaru dengan cara melakukan tusakan-tusukan kecil di bagian tubuh pasien. Penusukan tersebut menggunakan alat fiber optik yang telah dirancang sedemikian rupa.

Dengan fiber optik yang digunakan, dokter yang manangani pasien dapat melihat dengan jelas bagian tubuh yang dibedah melalui panel TV.

Teknik bedah seperti ini telah digunakan di seluruh dunia, salah satunya Rumah Prince Court, Kuala Lumpur. Alat ini sangat memberikan kemudahan bagi rumah sakit dan pasien.

"Contoh saja luka operasinya tidak memberikan rasa sakit yang luar biasa kepada pasien, dengan itu, pasien tidak terlalu banyak bergantung pada obat usai operasi," sebut Shahrol.

Selain itu kata dia, berbagai kemudahan atau keuntungan lain juga bisa didapat melalui teknik bedah seperti ini. Pada intinya, pasien yang berobat tidak perlu berlama-lama melakukan rawat inap.

"Walau biaya sedikit mahal, namun dari segi waktu kita lebih diberi percepatan untuk sembuh karena model operasi yang menggunakan fiber optik tadi. Sehingga pasien bisa lebih cepat berkatifitas. Jadi untuk kejelasan tentang teknik bedah ini, bisa didengar besok," jelas Shahrol.

Bicara mengenai Rumah Sakit (RS) Prince Court yang mengirim dokter bedahnya menjadi pembicara pada kegiatan besok, Direktur Komersial Prince Court, Vincent Wan mengungkapkan, RS ini merupakan pusat pengobatan nomor satu di Negeri Malaysia.

Prince Court merupakan RS milik potronas yang telah berdiri selama 10 tahun hingga saat ini. Terdiri dari 277 kamar tidur yang dilengkapi dengan teknologi kedokteran yang sangat canggih, didukung dengan 120 orang dokter spesialis.

"Lebih 30 jenis pengobatan spesialis yang jadi keunggulan di Rumah sakit kami. Kami juga punya pembedahan Robotik, dan satu-satunya di Malaysia. Dimana pembedahan dilakukan oleh robot dengan kontrol dokter dari ruangan lain," jelas Vincent.

Kata Vincent, kehadiran mereka dalam memenuhi undangan dari pihak penyelenggara Southeast Asian Health and Tourism Expo 2017, lebih kepada kegiatan berbagi bersama para dokter di Riau.

"Bahkan dokter dari luar Riau juga hadir, jadi lebih kepada berbagi pengalaman. Dimana ada kekurangan kita siap untuk berbagi terkait ilmu kedokteran. Bahkan kami dari Prince Court sangat terbuka bagi dokter-dokter di Indonesia untuk berbagi pengalaman," tutur Vincent. (cr2)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help