TribunPekanbaru/

Inilah Survei Dunia soal Superioritas Agama, Indonesia Ada Dimana?

Pada saat berita utama media menunjukkan lonjakan intoleransi global, ternyata masih ada kabar baik yang tersisa.

Inilah Survei Dunia soal Superioritas Agama, Indonesia Ada Dimana?
VIA BLOOMBERG
Hasil survei yang dilakukan WIN/Gallup International memperlihatkan Indonesia sebagai salah satu dari sedikit negara di dunia yang percaya terhadap superioritas agama. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pada saat berita utama media menunjukkan lonjakan intoleransi global, ternyata masih ada kabar baik yang tersisa.

Buktinya, mayoritas manusia di seluruh dunia tidak percaya bahwa ada satu ras, agama, atau budaya, yang lebih baik daripada yang lain.

Itulah temuan dalam sebuah jajak pendapat yang digelar WIN/Gallup International yang dilakukan pada akhir tahun lalu dan dipublikasikan minggu ini.

Seperti dipetik dari laman Bloomberg, mayoritas orang, -lebih dari separuh di 66 negara yang disurvei mengatakan, tidak ada yang namanya superioritas rasial, religius, atau pun budaya.

Namun, isu ini tentu tak bulat. Ada segelintir negara, yang kesemuanya adalah negara-negara bermasalah khususnya dalam perkembangan ekonomi, yang menyebut superioritas itu ada.

"Secara keseluruhan, toleransi global terhadap perbedaan ras, agama, dan budaya adalah norma yang mendominasi," kata Kancho Stoychev, Presiden Gallup International Association, dalam sebuah pernyataannya.

"Pengecualian dari pemahaman ini hanya terjadi di negara atau wilayah dengan konflik internal atau eksternal yang serius," kata dia.

Tentu, temuan ini memberikan beberapa dasar yang menimbulkan optimisme, bahkan di tengah meningkatnya berita-berita tentang serangan yang terkait dengan intoleransi.

Misalnya, pekan lalu, seorang pria yang meneriakkan slogan-slogan anti-Muslim membunuh dua orang di Portland, Oregon.

Lalu, seorang pengebom bunuh diri membunuh 22 orang di sebuah konser di Manchester Arena, Inggris.

Halaman
123
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help