TribunPekanbaru/

Ramadhan 1438 H

BI KPw Riau Siapkan Rp 4,4 T Persiapan Lebaran

Kebutuhan uang jelang Ramadhan tahun ini memang diperkirakan akan terjadi peningkatan.

BI KPw Riau Siapkan Rp 4,4 T Persiapan Lebaran
TribunPekanbaru/Afrizal
Kepala BI KPw Riau, Siti Astiyah

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Afrizal

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau menyiapkan Rp 4,4 triliun untuk kebutuhan uang jelang lebaran ini. Jumlah tersebut naik 4,6 persen dibandingkan 2016 lalu yang tercatat kebutuhan masyarakat mencapai Rp 4,17 triliun.

Dikatakan Kepala BI KPw Riau, Siti Astiyah, kebutuhan uang jelang Ramadhan tahun ini memang diperkirakan akan terjadi peningkatan. Angka ini diperoleh berdasarkan data kebutuhan masyarakat yang berasal dari berbagai perbankan di Riau.

"Dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal, BI siap penuhi semua," ujarnya, Kamis (8/6).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang kecil, lanjut Astiyah, BI KPw Riau kembali menyediakan loket penukaran mulai 14-22 Juni mendatang. Melibatkan 30 bank umum yang ada di Riau, masyarakat bisa melakukan penukaran mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Penukaran dilakukan Senin-Kamis. Setiap hari, ada 7 loket penukaran yang disediakan di halaman kantor BI Jalan Jenderal Sudirman. Enam loket berasal dari bank dan satu loket BI.

"Setiap hari ada 1 loket dari BI dan 6 dari bank. Untuk bank ini setiap hari selalu berganti yang berpartisipasi," katanya.

Tahun ini, tambah Astiyah, diperkirakan memang akan terjadi peningkatan kebutuhan uang oleh masyarakat. Hal ini disebabkan masyarakat memiliki daya beli yang lebih tinggi. Sisi lain upah minimun regional juga alami peningkatan.

"Pada prinsipnya BI akan penuhi semua kebutuhan masyarakat akan uang. Meskipun infrastruktunya libur, untuk kebutuhan uang tetap bisa didapatkan," katanya. (*)

Penulis: Afrizal
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help