Ramadhan 1438 H

Masjid Baja Menjadi Ciri Khas yang Dikenal dan Diingat Masyarakat

Rangka bangunan Masjid Al Ittihad Rumbai menjadi ciri khas yang spesial dan selalu di ingat oleh jamaah dan masyarakat yang berkunjung.

Masjid Baja Menjadi Ciri Khas yang Dikenal dan Diingat Masyarakat
TRIBUNPEKANBARU.COM/IKHWANUL RUBBY
Masjid Al Ittihad Rumbai 

Masjid Al Ittihad Rumbai, Pekanbaru

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rangka bangunan Masjid Al Ittihad Rumbai menjadi ciri khas yang spesial dan selalu di ingat oleh jamaah dan masyarakat yang berkunjung. Hal yang selalu diingat masyarakat mengenai tempat ibadah ini yakni rangka bangunan yang terbuat dari bahan besi baja.

Dengan bahan kerangka bangunan tersebut masjid yang berlokasi di Jalan Type 6 Kecamatan Rumbai Pesisir ini lebih sering disebut masyarakat dengan nama Masjid Baja.

Pengurus Yang Dituakan Masjid Al Ittihad Rumbai, Azirwan, Senin (12/6/2017) saat dijumpai mengatakan bahan kerangka baja ini berasal dari sisa proyek industri perminyakan yang dilakukan PT Chevron Pacific Indonesia dan PT Pertamina Persero pada zaman dahulu.

Kerangka berjenis ini membuat struktur bangunan masjid jadi lebih kokoh dan tahan lama.

Rumah Allah ini didirikan sejak tahun 1984. Berdirinya bangunan masjid ini bermula dari renovasi Mushalla sebelumnya yang dirasa tidak cukup menampung jamaah.

Lokasi dari masjid ini telah bergeser ratusan meter dari mushala yang menjadi cikal bakal tempat ibadah megah tersebut.

Tanah tempat tegaknya masjid ini dulunya merupakan lahan milik perusahaan Chevron yang dihibahkan untuk menjadi tempat ibadah pada karyawan perusahaan minyak asal Amerika tersebut.

Biaya pembangunan dari Rumah Allah ini berasal dari sumbangan perusahaan besar tersebut bersama masyarakat Rumbai yang menjadi jamaah masjid.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved