TribunPekanbaru/

Telkomsel Sumbagteng Siap Hadapi Lonjakan Trafik Idul Fitri 2017

Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran

Telkomsel Sumbagteng Siap Hadapi Lonjakan Trafik Idul Fitri 2017
Foto/Istimewa
GM Sales Regional Sumbagteng Ihsan (kiri) dan General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri, saat menjelaskan kesiapan Telkomsel menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Selasa 913/6/2017). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

Untuk menghadapi mudik Lebaran, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 63 hotspot atau POI (Point of Interest) di wilayah Sumbagteng, yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal, di mana lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 7 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.

Di samping mengerahkan Combat, berbagai upaya yang dilakukan Telkomsel untuk mengoptimalkan kualitas jaringan menghadapi periode mudik Lebaran di antaranya membangun lebih dari 22 base transceiver station (BTS) baru dan memodernisasi perangkat BTSnya.

"Kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama pada periode mudik Lebaran yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan,” kata Noviandri, GM ICT Operation Region Sumbagteng, Selasa (13/6/2017).

Trafik layanan data atau payload pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini diproyeksi sekitar 386,76 terabyte atau naik lebih 76,8% dibandingkan puncak RAFI tahun lalu. Sementara itu, trafik layanan suara pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diproyeksi lebih dari 154,6 Juta menit, sedangkan trafik SMS diperkirakan menembus lebih dari 47,5 juta SMS perhari pada puncak RAFI kali ini.

Sementara itu, GM Sales Region Sumbagteng Ihsan, mengatakan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga.

Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran. Di antaranya 36 GraPARI, 48 Mobile GraPARI, 4 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 81 Branch Office (Telkomsel Distribution Center). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk.

Selain kesiapan jaringan dan layanan, pada bulan Ramadhan ini Telkomsel juga mengadakan serangkaian kegiatan sosial, yakni buka puasa bersama 2500 anak negeri se-Sumatera yang merupakan bagian dari 10.000 anak negeri secara nasional. (rls)

Editor: Muhammad Ridho
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help