TribunPekanbaru/

Eksklusif

Ini Alasan Orang Membeli Mobil Baru Jelang Mudik Lebaran

"Saya ada tujuh orang dalam keluarga yang sama-sama akan berangkat ke kampung nanti. Jadi sekali berangkat muat semuanya," kata Afdal.

Ini Alasan Orang Membeli Mobil Baru Jelang Mudik Lebaran
TribunPekanbaru/Ikhwanul Rubby
Toyota Calya 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ditemui di Agung Toyota Auto Mall Jalan Imam Munandar, Pekanbaru, Afdal baru saja membayar uang muka (DP) pembelian mobil baru. Ia perlu mobil baru untuk mudik, berhari raya Lebaran di kampung halaman bersama keluarga.

Afdal menuturkan, mengendarai mobil sendiri menuju kampung halaman lebih nyaman dan aman. Bisa berhenti atau beristirahat dimana pun suka.

"Kalau menggunakan kendaraan umum kita dibatasi, susah untuk istirahat kalau capek di jalan," ujar pria asal Padangsidimpuan, Sumatra Utara, tersebut, Senin (12/6/2017).

Afdal membeli mobil Toyota Calya dengan alasan ini adalah kendaraan keluarga, dengan tujuh tempat duduk (seat). Harganya relatif terjangkau. Sementara kualitas mesin yang tidak kalah dengan kendaraan MPV lainnya.

"Saya ada tujuh orang dalam keluarga yang sama-sama akan berangkat ke kampung nanti. Jadi sekali berangkat muat semuanya," kata Afdal.

Ia menambahkan, dengan menggunakan mobil pribadi, acara silaturahmi dengan kerabat di kampung halaman lebih leluasa. “Pastilah ada kepuasan tersendiri dengan menggunakan mobil milik sendiri saat Lebaran," jelasnya.

Afdal mendapatkan mobil baru tersebut secara kredit. "Kalau tidak sekarang kapan lagi. Kalau enggak berani kredit kapan mau punya mobil," kata dia.

Sedangkan Ray, warga Pasir Putih, Siak Hulu, Kampar lebih memilih ganti kendaraan dengan mobil seken (bekas). Ia mengaku tak secara khusus mengganti mobil karena momen mudik Lebaran.

"Saya sudah punya mobil sudah lama, ini kebetulan saja ganti sama mobil jenis lain. Saya pun sering naik mobil travel kalau ke Sumbar. Jika dihitung-hitung ongkos naik travel dengan mobil probadi, lebih banyak pengeluaran pakai mobil pribadi," paparnya.

Ia menilai, banyak orang membeli mobil jelang mudik Lebaran karena beberapa alasan. Bisa memang karena kebutuhan. “Bisa saja lebih mudah saat berada di kampung halaman. Bisa muat banyak saudara saat akan berkunjung ke suatu tempat untuk silaturahmi,” ujarnya.

Di sisi lain, tak jarang orang memaksakan diri punya mobil jelang Lebaran untuk memperlihatkan eksistensi diri di kampung halaman. “Banyak juga yang menyewa mobil demi terlihat elegan begitu,” ucapnya. (TRIBUN PEKANBARU CETAK/cr5)

Apa tanggapan pengamat ekonomi terhadap warga Riau yang ramai-ramai beli mobil jelang Lebaran tahun ini? Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru EDISI HARI INI. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com.

LIKE/SUKA Fanspage Facebook: Tribun Pekanbaru, FOLLOW Twitter & Instagram: @tribunpekanbaru, SUBSCRIBE Channel Youtube: Tribun Pekanbaru

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help