Ramadhan 1438 H

Tips Mudah Memilih Produk Halal

Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta Osmena Gunawan membagikan tips mudah memilih produk halal.

Tips Mudah Memilih Produk Halal
Doha News
Ilustrasi 

Penulis: Kahfi Dirga Cahya, Kompas.com

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Bagi umat Islam memilih produk halal adalah sebuah kewajiban. Selain perintah agama, produk halal juga dianggap baik oleh kesehatan. Namun terkadang kita luput, bahkan malas memeriksa label halal suatu produk.

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) DKI Jakarta Osmena Gunawan membagikan tips mudah memilih produk halal.

1. Pastikan ada logo halal dari MUI

Osmena mengatakan logo halal MUI merupakan satu-satunya yang dapat dijadikan acuan bahwa produk tersebut halal. "Paling gampang ada logo MUI (pada kemasan produk)," kata Osmena kepada Kompas Lifestyle di acara Halal Lifestyle, Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Osmena tak menampik bahwa ada logo halal dari negara lain pada produk yang beredar di Indonesia. Dia menyarankan agar tidak menggunakan produk tersebut, sebab yang dianggap jelas adalah sertifikasi halal dari MUI. "Logo luar negeri kan sebetulnya gak boleh masuk ke Indonesia. Negara masing-masing punya kebijakan masing-masing," kata dia.

2. Cari informasi

Penting bagi masyarakat agar mencari tahu informasi halal secara detil. Pengetahuan informasi halal, kata Osmena, bisa dicari dari ragam sumber, dua di antaranya aplikasi halal scan dan SMS. "(Untuk SMS) misal Halal (spasi) nama produk kirim ke 98555 nanti kejawab produksi siapa," kata Osmena.

Menurut dia hampir semua produk halal sudah ada bila diverifikasi lewat pesan singkat. Berbeda dengan aplikasi halal dari MUI yang belum sepenuhnya tercantum.

3. Tidak malu bertanya

Halaman
12
Editor: Ariestia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved