TribunPekanbaru/

Rumah Allah

Masjid Paripurna Tsamaratul Iman Pertahankan Kondisi Awal

Ciri khas lainnya yang dimiliki masjid ini adalah, Tsamaratul Iman hanya punya satu tiang utama. Tiang ini berada tepat di tengah.

Masjid Paripurna Tsamaratul Iman Pertahankan Kondisi Awal
TribunPekanbaru/Afrizal
Masjid Paripurna Tsamaratul Iman 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru : Afrizal

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - masjid Tsamaratul Iman termasuk masjid yang mempertahankan konstruksi awal bangunan. Mulai direncanakan dibangun 1985 silam, setiap bagian dari masjid tersebut saat ini masih tetap dipertahankan. Mulai dari kusen, dinding, hingga kaligrafi yang disematkan pada masjid ini, belum dilakukan perubahan.

Penasehat masjid Tsamaratul Iman, Sirajuddin, menuturkan, mempertahankan setiap bagian masjid seperti sejak pertama dilakukan bukan tanpa alasan.

Resmi dipakai 1987, masjid ini berhasil didirikan tidak terlepas dari wakaf masyarakat.

Tanah tempat masjid yang berdiri di Jalan Pala Kelurahan Tangkerang Labuai, Bukit Raya ini merupakan wakaf dari Hj Khuryyah Baktiar. Saat itu wakaf awal diserahkan tanah dengan ukuran 40 x25 meter. Seiring perjalanan waktu, tanah di sebelah kiri masjid dibebaskan lagi bersama-sama oleh masyarakat.

Begitu juga ketika dilakukan pembangunan, dilakukan secara swadaya.

"masjid ini dibangun dengan dana wakaf. Jadi bagaimana agar pahala wakaf tetap mengalir, kita tetap pelihara sejak pertama dibangun," katanya Minggu (18/6).

Pergantian pada bagian masjid, lanjut Sirajuddin, hanya dilakukan jika memang sudah rusak. Seperti pada kubah yang baru mengalami satu kali pergantian.

"Kalau tidak rusak, tidak kita ganti. Kalau ada kerusakan, diupayakan pemeliharaan. Bila tidak bisa, baru diganti setelah dikehendaki jemaah," katanya.

Kusen pintu masjid ini, lanjut, masih kusen yang sama dengan pemasangan saat tahun 1987 silam.

Halaman
12
Penulis: Afrizal
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help