TribunPekanbaru/

Bengkalis

Seminggu Karhutla di Tanjung Leban, Sinar Mas Foresty Lakukan Pemadaman dengan Waterboming

Upaya pemadaman tidak hanya dilakukkan oleh tim pemadam kebakaran dari jalur darat. Tetapi juga didukung pemadam dari udara.

Seminggu Karhutla di Tanjung Leban, Sinar Mas Foresty Lakukan Pemadaman dengan Waterboming
istimewa

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru Muhammad Natsir

TRIBUNPEKANBARU. COM,  BENGKALIS - Kebakaran lahan terjadi sejak seminggu lalu di desa Tanjung leban kecamatan Bukit batu Bengkalis. Hal ini diungkap Danramil Bukit Batu Kapten Isnanu kepada wartawan, Senin (19/6).

Menurut dia, sejak seminggu lalu pihaknya bersama regu pemadam kebakaran (RPK) dari PT. Sakato Pratama dan PT Bukit Batu Hutani Alam Sinar Mas Foresty (BBHA SMF) serta regu Masyarakat Peduli Api (MPA) melakukan pemadaman di wilayah lahan milik masyarakat desa Tanjung Laban tersebut.

“Kita dibantu pemadaman melalui darat tim gabungan TNI, Polri dan RPK PT SPM serta PT BBHA SMF sebanyak dua regu juga oleh MPA sebanyak 4 regu serta regu dari BPBD Bengkalis dan Mangala Agni. Dalam upaya pemadaman ini kita berhasil memadamkan seluas sepuluh  hektar lahan,” Ungkap Isnanu.

Upaya pemadaman tidak hanya dilakukkan oleh tim pemadam kebakaran dari jalur darat. Tetapi juga didukung pemadam dari udara oleh Satgas Karhutla Riau dengan menggunakan Heli Superpuma Sinarmas.

“Selain itu kita juga melakukan pembangunan sekat bakar agar api tidak meluas,” ungkapnya.

Nurul Huda, Humas SMF mengatakan,  pihaknya membantu pemadaman kebakaran lahan di sana, guna  mengatisipasi agar kebakaran tidak merembes kelahan konsensi Perusahaan Mitra SMF. SMF menurunkan dua heli dan satu alat berat milik mitra peusahannya dalam melakukan Pemadaman.  

Satu Heli jenis Superpuma PK –DAM kita kerahkan untuk melakukan waterbooming. Dan satu heli B3 PK-DAN kita gunakan untuk distribusi logistik keperluan petugas di lapangan. Karena untuk memobilisasi logistik menggunakan jalur darat sangat sulit,” ungkap Nurul.

Sementara alat berat yang diturunkan guna untuk membuat sekat api agar kebakaran tidak merambah ke daerah konsensi mitra perusahan SMF.(*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help