TribunPekanbaru/

Ramadhan 1438 H

Paling Mudah Didapat, Ini Obat Jitu untuk Penderita Sakit Maag yang Ingin Puasanya Lancar

Maag sendiri penyakit dimana perut terasa tidak enak, beberapa pemicunya adalah karena faktor stres dan pola hidup yang tidak sehat.

Paling Mudah Didapat, Ini Obat Jitu untuk Penderita Sakit Maag yang Ingin Puasanya Lancar
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Puasa dan maag, kerap menjadi bahasan menarik selama Ramadan.

Dokter spesialis penyakit dalam yaitu, dr. Karina Sasti, Sp, PD saat dialog interaktif yang disiarkan langsung oleh Tribun Jogja (Tribunnews.com Network) sebagai official media berbagi tips yang perlu dilakukan bagi penderita maag agar lancar dalam menjalani ibadah puasa.

Ia menyebutkan, maag sendiri adalah penyakit dimana perut terasa tidak enak, beberapa pemicunya adalah karena faktor stres dan pola hidup yang tidak sehat.

"Biasanya penderita maag bila berpuasa akan lebih sehat dan malah bisa sembuh," katanya.

Dalam dialognya bersama dr. Bambang Hastha Yoga, Sp. KJ, selaku moderator, dr. Karina menjelaskan jika ada kelainan organik dalam perut, penderita diimbau tidak mlakukan puasa beberapa waktu sampai penyakitnya sembuh.

"Jika lebih dari tiga bulan masih sakit di perut harus diperiksa ke dokter untuk memastikan ada kelainan organik atau tidak," ucapnya.

Lanjut dr. Karina, dirinya menganjurkan bagi para penderita maag untuk melakukan santap sahur mendekati waktu imsak agar lancar dalam menjalankan berpuasa.

Untuk saat berbuka bagi para penderita maag, ia mengharapkan, sebaiknya disegerakan untuk berbuka.

"Sistem pencernaan kita memang diplanning tahan lapar selama 12 jam, selebihnya akan lemah dan akan dehidrasi. Untuk itu dianjurkan pada saat buka puasa agar disegerakan dan makan makanan yang ringan terlebih dahulu. Karena jika makanan berat nanti perut akan kaget, terasa penuh, dan membuat perut mual," jelasnya.

Selain itu, dr. Karina menghimbau para penderita maag untuk banyak-banyak mengkonsumsi air putih serta menyempatkan waktu untuk berolahraga beberapa menit guna menjaga kebugaran para penderita maag.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help