Selamat Datang Hari Kemenangan

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Mengetuk pintu insan beriman yang telah menahan nafsu dunia hampir sebulan penuh lamanya.

TRIBUNPEKANBARU.COM - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Mengetuk pintu insan beriman yang telah menahan nafsu dunia hampir sebulan penuh lamanya.

Seperti tahun sebelumnya, kebahagiaan menyambut Ramadhan itu mulai terasa di sekitar kita. Keluarga, tetangga, rekan sekerja, teman sejawat bersatu padu dalam keceriaan menyambut hari kemenangan.

Di Provinsi Riau, daerah yang terkenal dengan budaya Melayu dan menjunjung nilai keislaman, suasana menyambut hari kemenangan pun sangat terasa. Di Rokan Hulu misalnya. Beberapa hari jelang Idul Fitri, hiruk pikuk warga memarut kelapa makin sering terdengar.

Penghuni rumah secara bergantian memarut kelapa yang akan dijadikan santan pembuat makanan bernama itak. Tradisi ini sudah berlangsung turun temurun.

Satu lagi yang tak lekang oleh waktu adalah tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik. Momen ini menjadi sangat spesial.

Bukan hanya karena bersamaan dengan datangnya hari kemenangan. Tapi juga karena menjadi kesempatan berkumpulnya orang-orang yang selama ini terpisah oleh jarak.

Pulang kampung sudah seperti obat penawar yang manjur atas rindu yang menggebu-gebu pada tanah kelahiran. Kesempatan untuk bercengkrama bersama keluarga dan sahabat meski singkat waktunya.

Namun yang pasti, momen lebaran juga sudah seperti oase yang memberi kelegaan usai berkutat dengan rutinitas yang terkadang bagi sebagian orang menimbulkan beban pikiran.

Dan yang tak kalah penting, lebaran adalah momennya untuk berwisata. Menikmati alam, budaya, sejarah hingga kuliner yang banyak didapati di nusantara.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. (*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved