TribunPekanbaru/

Ramadhan 1438 H

Tambah Ilmu Agama Remaja, Musala Almuflihin Kampung Dalam Galar Pesantren Kilat

Panitia Ramadhan Musala Almuflihin, Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, menggelar pesantren kilat.

Tambah Ilmu Agama Remaja, Musala Almuflihin Kampung Dalam Galar Pesantren Kilat
TRIBUNPEKANBARU.COM/HENDRI GUSMULYADI
Pesantren kilat Ramadhan yang ditaja oleh Panitia Ramadhan Mushalah Almuflihin, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan Pekanbaru, 18 dan 19 Juni 2017. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Panitia Ramadhan Musala Almuflihin,  Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, menggelar pesantren kilat anak-anak dan remaja, pada 18-19 Juni 2017.

Setiap hari kegiatan, berlangsung usai salat tarawih dan berakhir pada pukul sebelas malam.

Adapun pamberi yang menjadi pengisi kegiatan serta memberikan siraman rohani kepada anak-anak umur 6 hingga remaja tersebut, yaitu dua orang yang berasal dari Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Pekanbaru, Ustad Mas'ud Tahidin SPt MM dan Ustad Umar Khatab SPd.

Mas'ud Tahidin dalam ceramahnya menyampaikan tema terkait "Berbakti kepada kedua orangtua". Sebagai kesimpulan, seorang anak harus patuh kepada ibu dan bapak selama perintahnya tidak mengandung kemaksiatan.

Selama hidup, orangtua sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup anak. Oleh karena itu, buah hati harus rajin belajar dan menjadi anak yang sholeh, sebagai wujud patuh kepada orangtua.

Sedangkan, Umar Khatab dalam ceramahnya mengambil tema "Kiat meramaikan shalat berjamaah di Mesjid". Dari paparan materinya, dapat disimpulkan bahwa sebagai muslim dan mukmin, seseorang harus bisa melaksanakan sholat 5 waktu dengan cara berjamaah di mesjid, karena bernilai pahala yang besar dan wujud untuk memakmurkan mesjid.

Selain ceramah, anak-anak dan remaja turut dipertontonkan video motivasi yang dapat menginspirasi mereka untuk lebih giat beribadah. Diakhir kegiatan, dilanjutkan dengan Muhasabbah dan doa.

Ketua Panitia Ramadan Musala Almuflihin, Abdul Hasan mengungkapkan, selain mengisi kegiatan ramadan, pesantren kilat menjadi hal yang sangat penting agar dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah, menambah ilmu, meningkatan iman serta taqwa para anak-anak dan remaja yang mendiami Kelurahan Kampung Dalam.

"Selain dapat menghidupkan mesjid, tentu dengan cara ini, silaturrahmi antar remaja dan kita juga semakin kuat," jelas Abdul, Senin (19/6).

Abdul melihat, minat para peserta cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Wajah gembira terpancar saat mereka tengah mengikuti permainan islami dan pemutaran film-film islami (video motivasi) dan diskusi kelompok.

"Kita berharap pesantren kilat ini dapat menambah pengetahuan anak-anak serta mengisi kegiatan mereka dengan yang positif. Kita tidak menyangka, pada awalnya (di hari pertama, red) peserta masih belum banyak, namun setelah sebagian mereka mengikuti, akhirnya mereka mengajak teman-teman nya yang lain, hingga peserta bertambah sebanyak 60 orang di hari kedua," terang Abdul.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help