TribunPekanbaru/

Tribun Travel

Hari Raya Adat, Tradisi Turun Temurun di Nagari Air Dingin

Bertempat di Jorong Koto, setiap tahun, saat perayaan hari raya Idul Fitri, Air Dingin selalu menggelar Pameran Budaya yang dikenal dengan

Hari Raya Adat, Tradisi Turun Temurun di Nagari Air Dingin
TribunPekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Beberapa orang remaja Air Dingin tengah memperlihatkan tampilan seni dan budaya Nagari, di Salah Satu Lapangan Jorong Koto, Kenagarian Air Dingin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (27/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM --  Sumatera Barat kaya akan budaya dan kegiatan seni yang manarik.

Di setiap Nagari punya perayaan adat dalam jangka waktu tertentu, serta telah menjadi warisan turun temurun dari nenek moyang.

Tak terkecuali Air Dingin. Nagari yang terletak di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Bertempat di Jorong Koto, setiap tahun, saat perayaan hari raya Idul Fitri, Air Dingin selalu menggelar Pameran Budaya yang dikenal dengan Nama Hari Raya Adat.

Perayaan ini diselenggarakan pada lebaran ketiga yang menampilkan berbagai pertunjukan seni Adat Minang Kabau. Mulai dari berbagai jenis Tarian, Randai, Saluang, Rabab, Silat, serta berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti yang terselenggara pada Selasa (27/6/2017), di salah satu lapangan yang ada di sana.

Pada hari yang sangat dinanti oleh masyarakat Air Dingin yang terdiri dari 7 jorong, dengan ribuan orang yang menjadi penonton, acara berlangsung dengan sangat meriah.

Berbagai pihak terlibat di dalamnya. Mulai dari angku-angku, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, dan masyarakat dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Mereka sibuk menonton atau menyaksikan gelaran unik tersebut.

Beberapa orang remaja Air Dingin tengah memperlihatkan tampilan seni dan budaya Nagari, di Salah Satu Lapangan Jorong Koto, Kenagarian Air Dingin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (27/6/2017).
Beberapa orang remaja Air Dingin tengah memperlihatkan tampilan seni dan budaya Nagari, di Salah Satu Lapangan Jorong Koto, Kenagarian Air Dingin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (27/6/2017). (TribunPekanbaru/Hendri Gusmulyadi)

Pada gelaran seni, tidak hanya kaum dewasa yang mampu menunjukkan kebolehannya, bahkan anak-anak yang baru menempuh pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD), juga tidak tertinggal untuk tampil di hadapan ribuan masyarakat.

Wali Nagari Air Dingin, Patrizal dalam sambutannya mengatakan, tradisi Hari Raya Adat di Kanagaraiannya diharapkan dapat berlangsung secara terus menerus.

Halaman
123
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help