TribunPekanbaru/

Mahasiswa Teknik Kimia UR Lolos Dua Tahap Pimnas Kemenristek Dikti

Mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia Universitas Riau berhasil lolos pada tahap satu dan ddua Pimnas Kemenristek Dikti.

Mahasiswa Teknik Kimia UR Lolos Dua Tahap Pimnas Kemenristek Dikti
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berkat mengikuti program Pekan Ilmiah nasional (Pimnas) oleh Kemenristekdikti, sejumlah mahasiswa Teknik Kimia Universitas Riau berhasil menciptakan Biodiesel dari Biji Buta-buta. Para mahasiswa tersebut dinahkodai oleh Vandhe Melsa Sembiring yang beranggotakan Nurazizah, Ricky Puji Rahayu dan Friska Audi Sembiring. 

Mereka berhasil lolos pada tahap satu dan dua Pimnas Kemenristek Dikti. Para mahasiswa dari jurusan Teknik Kimia Universitas Riau tersebut lolos setelah berhasil menciptakan penelitian berjudul "sintesis biodiesel dari biji buta-buta dengan katalis kerang darah".

"Dari penelitian ini kami buat biodiesel atau minyak untuk diesel dari bahan alam yang tidak digunakan untuk pangan yaitu pohon biji roda atau buta-buta, sehingga tercipta bahan bakar alternatif dan ramah lingkungan. juga bisa menjadi nilai jual dari Riau. Bahan bakunya sendiri pohon buta buta (biji roda) yang berasal dari daerah Lirik Inhu," ujar Zizah kepada Tribun, Jumat (7/7/2017).

Ia mengatakan biodiesel tersebut mereka buat untuk mengatasi minyak bumi semakin langka.  Mereka membuat biodiesel atau minyak untuk diesel dari bahan alam yang tidak digunakan untuk pangan yaitu pohon biji roda sehingga terciptanya bahan bakar alternatif dan menjadi nilai jual dari Riau.

"Harapan kami, jika nanti diberi kesempatan di Pimnas, kami ingin mengembangkan hasil penelitian ini sehingga menjadi nilai jual dari Riau dan mengembangkan perekonomian Provinsi Bumi Lancang Kuning ini," sambungnya.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: Zul Indra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help