TribunPekanbaru/

Wakili Riau di Bengkulu, TBM Azam Angkat Tema Kearifan Lokal Kembangkan Minat Baca Masyarakat

pihaknya mengangkat tajuk 'Strategi Pucuk Rebung Sekuntum Dalam Pengelolaam TBM Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat'.

Wakili Riau di Bengkulu, TBM Azam Angkat Tema Kearifan Lokal Kembangkan Minat Baca Masyarakat
Aktifitas masyarakat yang tengah mengulik informasi di TBM Azam. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Azam akan mewakili Riau dalam acara Dikmas Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) RI di Bengkulu pada 9-10 Juli mendatang.

TBM yang berlokasi di Jalan Jambu Kota Pekanbaru ini berencana mengangkat tema kearifan lokal yang disinergikan dalam membangun semangat membaca masyarakat di Kota Pekanbaru.

Disampaikan oleh pimpinan TBM Azam Hirfan Nur mengatakan, pihaknya mengangkat tajuk 'Strategi Pucuk Rebung Sekuntum Dalam Pengelolaam TBM Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat'.

"Tema ini sengaja kita pilih untuk mengangkat filosofi pucuk rebung sekuntum dengan pola pengembangan minat baca masyarakat," katanya pada Jumat (7/7/2017).

"Terutama sekali, dalam usaha mengentaskan percepatan penyelesaian buta aksara di Kota Pekanbaru secara kreatif," tambahnya.

Hirfan berpendapat, perkembangan literasi di pekanbaru tidak terlalu signifikan terasa di setiap lapisan. Dari segi minat baca masyarakat pun masih belum terbentuk dengan baik sebagaimana di sejumlah kota besar lain di Indonesia.

"Perkembangan teknologi seperti smartphone sebenarnya mempermudah orang untuk membaca dan menyukai bacaan. Namun, efeknya yang terasa adalah, ketika smartphone justru tidak menjadi maksimal fungsi literasinya karena minat masyarakat untuk membaca itu sendiri, memang kecil," jelasnya.

Ia berharap, dengan hadirnya sejumlah TBM di Kota Pekanbaru dapat mendongkrak angka minat baca dan konsumsi literasi masyarakat di Kota Pekanbaru.

"Termasuk pasca kegiatan di Bengkulu nanti, saya berharap dapat mengambil contoh baik dari iklim TBM di daerah lain di Indonesia," ucap Hlirfan.

"Dengan demikian, ada pengalaman baru dalam menjajal strategi pengembangan yang kiranya akan banyak berguna untuk diterapkan di TBM Azam untuk masyarakat Kota Pekanbaru," tandasnya. (*)‎

Penulis: Syahrul
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help