TribunPekanbaru/

Dirjen Dikdasmen Ingatkan Siak Jangan Ikut Urusi PPDB Kewenangan Provinsi

Hamid menegaskan Kabupaten/Kota hanya bisa memberikan masukan atau saran, bukan membuat kebijakan soal SMA dan SMK.

Dirjen Dikdasmen Ingatkan Siak Jangan Ikut Urusi PPDB Kewenangan Provinsi
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
DAFTAR - Sejumlah orangtua mendampingi anaknya saat akan mendaftar penerimaan siswa baru untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar dengan membawa berkas di Sekolah Dasar Negeri 83, Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Rabu (5/7). Hari pertama penerimaan siswa baru untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar di Pekanbaru membludak. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad mengingatkan Kabupaten Siak yang masih ikut mengurusi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK.

Karena tidak ada kewenangan Kabupaten/Kota lagi dalam urusan SMA dan SMK.

"Itu sama dengan ikut ngurus kamar orang, jadi Kabupaten tidak ada kewenangan lagi dan semuanya ada di Provinsi,"ujar Hamid Muhammad saat berada di Pekanbaru menutup OSN kemarin Jumat (7/7/2017) malam dan kebetulan mengetahui Pemkab Siak akan buat kebijakan tersendiri dalam PPDB dengan melanggar aturan yang sudah dibuat Provinsi.

Hamid menegaskan Kabupaten/Kota hanya bisa memberikan masukan atau saran, bukan membuat kebijakan soal SMA dan SMK.

Baca: Tak Sanggup Jalankan Kepmendikbud Tentang PPDB, Pemda Pelalawan Kirimkan Surat Dispensasi

"Memberikan saran boleh, cuma tidak ada kewenangan dan membuat kebijakan juga tidak dibenarkan, melanggar aturan,"jelasnya.

Menurut Hamid, kejadian seperti ini sudah diprediksi sebelumnya karena sekarang ini masa transisi, dimana sebelumnya kewenangan berada di Kabupaten kemudian dipindah ke Provinsi.

Baca:  800 Peserta OSN 2017 Kunjungi Kabupaten Siak

"Kalau cerita orang miskin, kan diakomodir langsung di sekolah yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, dan itu sudah dijalankan melalui Pergub yang dibuat Pemerintah daerah,"ujar Hamid Muhammad.

Halaman
12
Penulis: Nasyuha
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help