TribunPekanbaru/

Perppu Pembubaran Ormas Radikal Diterbitkan, Buya Syafii Nilai Langkah Jokowi Tepat

Buya Syafii mengatakan jika dilihat dari Undang-Undang tentang Ormas, ada kesulitan Pemerintah melakukan

Perppu Pembubaran Ormas Radikal Diterbitkan, Buya Syafii Nilai Langkah Jokowi Tepat
Foto/Istimewa
Syafii Maarif membahas sistim ekonomi Indonesia Raya Incorporated (IRI) dengan AM Putut Prabantoro - Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) di Yogyakarta, Rabu (1/2/2017) 

Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila Buya Syafii Maarif menilai Pemerintah sudah tepat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang-Undang tentang Ormas.

"Memang sudah seharusnya begitu. Kalau tidak ini repot republik ini sekarang," ujar Buya Syafii di Kompleks Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Buya Syafii mengatakan jika dilihat dari Undang-Undang tentang Ormas, ada kesulitan Pemerintah melakukan tindakan yang cepat untuk mengontrol ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

"Itu kan dilihat dari sisi Undang-Undang keormasan agak sulit ya. Lalu nanti ada perppu, dengan penganti Undang-Undang. Saya rasa cepat dilakukan, memang kita harus berani bertindak istilahnya walaupun dalam koridor hukum," ucap Buya Syafii.

Penerbitan Perppu menurut Buya Syafii telah memenuhi unsur kegentingan, mengingat ada ormas, seperti Hizbut Tahrir Indonesia yang memiliki ideologi berseberangan dengan Pancasila.

"Anda lihat saja dokumen tertulis mereka, mereka kan enggak suka Pancasila, enggak suka demokrasi, apa lagi sebenarnya. kenapa berbelit-belit dengan semacam itu, baca dokumen yang aslinya, yang otentik," kata Buya. (*)

Berita ini sudah terbit di Tribunnews.com dengan judul Buya Syafii Maarif Nilai Tepat Pemerintah Terbitkan Perppu Ormas

Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help