TribunPekanbaru/

Gubri Andi Pesan Perangi Hoax Saat Membuka Koferprov PWI Riau di Pelalawan

Media-media mainstream harus menjadi garda terdepan dalam memeringi berita bohong. Jangan kalah dengan media sosial

Gubri Andi Pesan Perangi Hoax Saat Membuka Koferprov PWI Riau di Pelalawan
TribunPekanbaru/Johanes
Gubernur Riau Andi Rachman membuka Koferprov PWI Riau di Gedung Daerah Datuk Laksamana Diraja Pangkalan kerinci Kabuten Pelalawan, Jumat (14/7) 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com: Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman berpesan agar para insan pers memerangi maraknya berita bohong atau hoax. Hal itu disampaikan dalam membuka Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Riau di Pelalawan.

Gubri Andi Rachman meminta jurnalis yang tergabung dalam PWI Riau ikut meminimlisir kabar bohong yang saat ini dapat beredar dengan cepat. Apalagi dengan adanya Media Sosial (Medsos) yang menampilkan berita dengan data dan fakta yang belum valid.

"Media-media mainstream harus menjadi garda terdepan dalam memeringi berita bohong. Jangan kalah dengan media sosial," pungkas Andi Rachman.

Dijelaskannya, banyak isu yang berkembang di medsos dan sangat sensitif terhadap keutuhan NKRI. Seperti radikalisme, terorisme, hingga kabar yang mengadudomba sesama anak bangsa.

Dikatakannya, Pemprov mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan PWI Riau selama ini. Karena keberadaan pers dan organisasi pers sangat membantu kinerja pemerintah, termasuk kritik yang disampaikan melalui berita.

"Siapapun yang terpilih nantinya, semoga PWI semakin maju dan berkembang kedepan," tandasnya sampai membuka acara.

Sebelumnya, Bupati Pelalawan HM Harris menyampaikan apresiasinya kepada PWI Riau yang mempercayakan Pelalawan sebagai tuan rumah. Ia berjanji akan mensuport kegiatan yang dilaksanakan PWI dan tidak akan menimbulkan kekecewaan. Selama ini keberadaan wartawan sangat memperngaruhi perjalanan pemda dalam membangun daerah.

"Kami di daerah ini saling memberikan masukan dan kritik yang membangun. Kami sadari ini sangat membantu sekaligus mengawasi kami," tukasnya.

Ketua PWI Riau, Denny Kurnia, menyatakan PWI senantiasa membantu pemeritah provinsi dan kabupaten/kota dalam mensuskseskan pembangunan daerah. Program-program unggulannya akan dipublikasikan demi kepentingan masyarakat banyak.

Denny Kurnia membeberkan sejarah singkat PWI Riau serta jumlah anggota saat ini. Demikian juga dengan proses kompetensi wartawan yang dilaksanakan organisasi profesi ini demi meningkatkan kualitas dan profesionalisme jurnalis.

"Saya juga memohon maaf jika selama menjabat ada kesalahan dalam bersikap dan berbicara. Selamat mengikuti konfrensi bagi seluruh anggota yang sudah datang dari daerah-daerah," tandasnya.(*)

Penulis: johanes
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help