TribunPekanbaru/

Warga Pekanbaru Masih Banyak Yang Tak Kantongi KTP Pekanbaru, Ini Penyebabnya

Kalangan DPRD Pekanbaru meminta kepada Pemko melalui dinas terkait, untuk benar-benar mendata pendatang baru.

Warga Pekanbaru Masih Banyak Yang Tak Kantongi KTP Pekanbaru, Ini Penyebabnya
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syafruddin Mirohi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kalangan DPRD Pekanbaru meminta kepada Pemko melalui dinas terkait, untuk benar-benar mendata pendatang baru. Apalagi pasca lebaran dan libur panjang ini. Tujuannya, agar Kota Pekanbaru menjadi kota aman, tertib dan minim pengangguran.

Sekretaris Komisi I DPRD Pekanbaru Drs Maspendri NS menegaskan, pendataan pendatang baru tersebut untuk mengantisipasi pengangguran dan angka kriminalitas. Makanya, pendataan tersebut harus rinci dilakukan, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi.

Pendataan bisa dilakukan melalui RT dan RW, Lurah dan Disdukcapil. Hasil data ini nanti, bisa langsung disoundingkan ke Disnaker, untuk persoalan tenaga kerjanya. "Ini harus dilakukan. Jangan hanya himbauan, tapi tidak dilaksanakan. Tinggal bagaimana pimpinan seperti Lurah dan Kadisdukcapil memerintahkan anak buahnya saja ke lapangan," tegas Maspendri kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (16/7/2017).

Beberapa daerah sudah sering melakukan pendataan pendatang baru ini. Seperti DKI Jakarta dan lainnya. Setiap pendatang baru diberi formulir untuk diisi. Sehingga pemerintah DKI bisa mengetahui, berapa warga pendatang yang tidak mengantongi identitas, dan warga yang sudah mengantongi identitas.

Kondisi ini harus segera disikapi, karena jumlah penduduk Kota Pekanbaru setiap tahun bertambah. Namun diyakini banyak yang tidak mengantongi identitas (KTP Pekanbaru). Mereka warga pendatang, yang bekerja serabutan.

"Itu tadi, peran RT dan RW sangat dibutuhkan di sini. Kalau mereka tidak didata, saat ada kejadian kita tidak tahu. Kalau dinas lainnya, dikhawatirkan akan sembarangan. Kalau RT dan RW, itu sudah pasti. Mereka dipastikan tahu siapa saja warga yang tinggal di kawasannya," terang politisi PAN ini lagi.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help