TribunPekanbaru/
Home »

Video

News

VIDEO: Gubri Paparkan Rencana Pembagunan Strategis Nasional pada Peserta PPRA Lemhanas RI

Andi Rachman ini memaparkan pengembangan dan pembagunan strategis nasional yang sedang berlangsung di Provinsi Riau, upaya dalam mewujudkan Riau

Laporan Reporter Tribunpekanbaru.com,Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Gubernur Provinsi Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman memaparkan kondisi terkini Provinsi Riau kepada peserta program pendidikan reguler angkatan (PPRA) LVI tahun 2017 Lemhanas RI, Senin (17/7/2017) di gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro - Pekanbaru.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini memaparkan pengembangan dan pembagunan strategis nasional yang sedang berlangsung di Provinsi Riau, upaya dalam mewujudkan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu di asia tenggara dan program pengembangan pariwisata berbasis budaya yang juga terus digalakan sejak 2015 lalu.

"Termasuk juga arahan presiden dalam rapat terbatas supaya memperpanjangan landasan bandara menjadi 3000 meter yang bisa digunakan untuk komersil dan angkatan udara serta bisa dijadikan embarkasi haji.Yang ada di Batam itu 70 persen jamaah dari Riau dan kami sudah lakukan subsidi. Kalau di Riau ada embarkasi haji tentu saja mengurangi subsidi tersebut, " papar Andi Rachman.

Baca: VIDEO: Asik Nikmati Makan, Wanita Ini Syok Temukan Hewan Menggeliat di Daging, Netizen Merinding

Lebih lanjut disampaikan Gubernur bahwa Industri di Riau juga berkembang pesat. Misalnya saja industri minyak sawit, kertasa industri kelapa. "Sebagaian untuk kelapa memang ada yang dijual masyarakat ke luar yakni ke Malaysia dan Thailand karena harga lebih menguntungkan. Tapi kita juga tidak bisa biarkan ini terus dan cari solusi, " tambahnya.

Lebih lanjut disampaikanya kebutuhan beras di Riau sebanyak 300.000 ton per tahun . Untuk memenuhi hal tersebut Riau juga mengembangkan tanaman sagu sebagai pengganti. Seperti diketahui sagu juga merupakan sumber karbohidrat yang baik.

Baca: VIDEO: Dijambak Lalu Disuruh Sujud, Siswi Ini di Bullying Dua Siswi Lain, Sosok Pelaku Terungkap

"Ancaman di Riau tetap ada masuknya paham dan aliran dari berbagainegara tapi kita terus berupaya menekan dari dampak-dapaknya itu. Seluruh agama saat ini sedang semangat mengembangkan agama-agamanya. Misalnya perkembangan pondok pesantren di Riau juga luar biasa, " katanya.

Disamping itu, Gubernur juga menyampaikan penanggulangan kebakaran huta dan lahan di Provinsi Riau yang terus dilakukan penekanan. Keberhasilan tersebut menurutnya dapat dilihat pada tahun 2016 lalu.

"Salah satu ukuranya tidak ada penutupan bandara atau tidak ada pembatalan keberangkatan penerbangan. Mudah-mudahan tahun 2017 ini lebih baik, " pungkasnya. (*)

Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help