Taja Program Posdaya Berbasis Masjid, Inilah Program Kerja Mahasiswa UIN di Sungai Sirih

Satu Minggu lebih berada di Desa Sungai Sirih, rombongan KKN UIN Suska telah melakukan berbagai kegiatan.

Taja Program Posdaya Berbasis Masjid, Inilah Program Kerja Mahasiswa UIN di Sungai Sirih
Istimewa
Mahasiswa UIN Suska Riau, menggelar KKN selama 2 bulan di Desa Sungai Sirih, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Hendri Gusmulyadi

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), universitas negeri di Riau, tengah berlangsung, salah satunya ada Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Seperti biasanya, KKN diselenggarakan di daerah-daerah kecamatan yang ada di beberapa Kabupaten. Salah satu daerah yang menjadi tempat mahasiswa KKN UIN Suksa Riau 2017 ini terselenggara di Desa Sungai Sirih, Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Dikatakan Koordinator Desa Mahasiswa UIN Suska (KKN Desa Sungai Sirih), Alhafiz Pradipto, keberadaan mereka di daerah tersebut akan berlangsung selama 2 bulan, sejak awal Juli hingga 31 Agustus 2017.

Rombongan mahasiwa di Sungai Sirih punya tema KKN "Posdaya Berbasis Masjid". Tema tersebut merupakan ketetapan dari pihak kampus.

"Kalau program kerja kita di desa ini seperti jumat bersih, lomba MTQ dan segala yang berkaitan dengan masjid, Insya Allah kami laksanakan. Harapannya bagaimana kita bisa mengajak warga untuk meramaikan mesjid baik untuk salat ataupun kegiatan keagamaan lainnya," jelas Hafiz, Rabu (19/7/2017).

Satu Minggu lebih berada di Desa Sungai Sirih, rombongan KKN UIN Suska telah melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari sosialiasi dengan Kepala Desa beserta Perangkat Desa, sosialisasi dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Keamanan Babinsa dan lain-lain.

Selebrasi halal bihalal dengan dengan masyarat, wirid, membantu kegiatan posyandu, mengajar di MDA, TK, SD juga telah mereka gelar dalam kurun waktu tersebut.

"Yang pasti semua akan akan lakukan di desa dan kecamatan nantinya," ujar Hafiz.

Menariknya lagi, mahasiswa KKN UIN Suska Riau, juga punya program atau kerjasama dengan mahasiswa Universitas Riau (UR), yang berKKN di Desa yang sama.

Halaman
12
Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved