TribunPekanbaru/

Pelalawan

Rasionalisasi Anggaran, DPRD Pelalawan Minta OPD Coret Kegiatan Tak Penting

Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pelalawan kembali dilakukan Pemerintah daerah (Pemda) pada tahun 2017 ini.

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com: Johannes Wowor Tanjung

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pelalawan kembali dilakukan Pemerintah daerah (Pemda) pada tahun 2017 ini. Akibat pemotongan pemenerimaan dari pemerintah pusat.

Menanggapi rasionalisasi ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan Nasaruddin SH MH, mendukung upaya pemkab dalam memangkas anggaran untuk menutupi defisit yang terjadi. Beberapa langkah akan ditempuh pemda dalam mesiasati pemotongan anggaran. Disisi lain DPRD meminta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk berhemat.

"Kami minta OPD harus berhemat lagi. Itu kegiatan-kegiatan yang tidak penting, dicoret saja. Agar tidak membebani anggaran kita," ungkap Nasaruddin kepada tribun, Jumat (20/7).

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan banyak program yang dianggarkan di OPD yang tidak menyentuh ke masyarakat sama sekali. Bahkan sebagian besar bersifat seremonial dan terkesan pemborosan dana yang berujung dengan sia-sia. Kondisi keuangan daerah memaksa pemda harus jeli melaksanakan program yang tepat dan bermanfaat langsung kepada masyarakat.

"Perjalanan dinas juga. Jika sebelumnya berangkat sampai delapan atau sepuluh orang, dikurangi menjadi tiga orang saja. Itu sudah sangat membantu," tambahnya.

Penulis: johanes
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help