TribunPekanbaru/

PT Nagamas Akui Tumpahan Stearin Akibat Human Error

Humas PT Nagamas Palm Oil, Ardi mengakui bahwa tumpahan stearin disebabkan adanya kesalahan teknis petugas atau human error pada Jum'at.

PT Nagamas Akui Tumpahan Stearin Akibat Human Error
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Stearin milik PT Nagamas Palm Oil tumpah di sekitar Dermaga Pokala Pelindo Dumai, Jum'at (28/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Fernando Sikumbang

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Humas PT Nagamas Palm Oil, Ardi mengakui bahwa tumpahan stearin disebabkan adanya kesalahan teknis petugas atau human error pada Jum'at (28/7/2017) dinihari. Saat itu hendak dilakukan proses loading dari tangki pengolahan ke tangki penampungan. Ternyata ada dua pipa yang dibuka bersamaan.

Padahal satu pipa sudah menyalurkan muatan ke tangki yang penuh. Akibatnya muatan stearin meluber hingga tumpah ke perairan di sekitar dermaga.

"Kita akui ini kesalahan teknis, tapi kita sudah lakukan upaya pembersihan," ujar Ardi kepada Tribun, Jum'at siang.

Walau demikian, Ardi belum memastikan berapa total jumlah muatan stearin yang tumpah. Sebab upaya pembersihan masih dilakukan hingga Jum'at siang. Seperti diberitakan puluhan ton muatan Palm Oil Stearin diduga kuat milik PT Nagamas Palm Oil (NPO) tumpah ke laut di sekitar Pelabuhan Pelindo Dumai.

Tumpahan muatan berupa fraksi dari Minyak Kelapa Sawit berceceran di perairan sekitar Dermaga Pokala. Muatan yang berceceran tampak lebih padat bila dibanding Crude Palm Oil (CPO).

Sebab muatan mengandung asam lemak, sehingga menjadi padat pada suhu normal. Pantauan Tribun, muatan stearin masing menggenang di sekitar Dermaga Pokala. Sejumlah petugas dari NPO berupaya membersihkan tumpahan stearin secara manual.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help