TribunPekanbaru/

Kesenian Talang Mamak Bawa SMK N 1 Rengat Wakili Riau ke Tingkat Nasional

Tim tari SMK Negeri 1 Rengat tampil sebagai juara pertama pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Riau tahun 2017

Kesenian Talang Mamak Bawa SMK N 1 Rengat Wakili Riau ke Tingkat Nasional
Tribun Pekanbaru/Bynton Simanungkalit
Tim tari SMK Negeri 1 Rengat tampil sebagai juara pertama pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Riau tahun 2017 

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Tim tari SMK Negeri 1 Rengat tampil sebagai juara pertama pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Riau tahun 2017 yang berlangsung di Hotel Furaya Pekanbaru, Jumat (28/7/2017) malam.

Prestasi ini sekaligus mengantarkan tim tari SMK Negeri 1 Rengat untuk mewakili Provinsi Riau pada ajang FLS2N tingkat nasional yang akan diselenggarakan 24 sampai 30 September 2017 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pada ajang FLS2N tingkat Provinsi Riau tahun 2017 ini, tim tari SMKN 1 Rengat membawakan tarian berjudul Sigak Begawai yang diangkat dari budaya masyarakat adat Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Tarian yang dibawakan 5 penari yakni Atika Indah Putri, Suci Rahma Reza, Tiara Syafitri, Dewi Wulan dan Chanda Alfiecca Risma ini bercerita tentang seorang gadis Talang Mamak yang telah dilamar seorang laki-laki. Sebelum melaksanakan gawai (pesta), gadis Talang Mamak tersebut harus melaksanakan mandi tebibet diatas sebuah paran sebagai simbol untuk mensucikan diri.

Tarian hasil koregrafer Deri Ramunda dan guru pembimbing Astri Suryani, ini diharapkan mampu memperkenalkan budaya Kabupaten Inhu, khususnya komunitas adat Suku Talang Mamak di-tingkat Provinsi Riau maupun nasional.

"Alhamdulillah, usaha dan kerja keras tim tari SMK Negeri 1 Rengat membuahkan prestasi untuk tingkat Provinsi Riau. Prestasi ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh warga sekolah untuk terus berlatih dalam bidang apapun, sehingga mampu meraih prestasi terbaik,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Rengat, Adi Mirwan, Minggu (30/7/2017).

Ditambahkan Adi Mirwan, terpilihnya tim tari SMK Negeri 1 Rengat mewakili Provinsi Riau pada ajang FLS2N tingkat nasional tahun 2017 ini sekaligus menambah daftar panjang prestasi yang telah ditorehkan SMK Negeri 1 Rengat pada ajang tahunan tersebut.

“Hampir setiap tahun selalu ada siswa dan siswi kita yang terpilih mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional. Tidak hanya di ajang FLS2N, termasuk juga di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional,” tuturnya. (ton)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help