TribunPekanbaru/

Kajari Siak Sebut Ada Tersangka Baru Simkudes, Agustus Ini Diumumkan

Tersangka baru yang akan diumumkan tidak dari kalangan ASN. Namun dia tidak menjelaskan apakah dari pihak rekaan atau kepala desa.

Kajari Siak Sebut Ada Tersangka Baru Simkudes, Agustus Ini Diumumkan
NET
Ilustrasi

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dugaan korupsi program Sistem Keuangan Desa (Simkudes) dengan tersangka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Siak Abdul Razak terus bergulir. Berkasnya segera dilimpahkan ke PN Tipikor Pekanbaru, menyusul ada tersangka baru yang bakal diumumkan.

"Saya pastikan akan ada tersangka baru dalam kasus Simkudes itu," kata Kepala Kejari Siak Zondri, Senin (31/7/2017).1

Untuk pengumuman, dia belum bisa memastikan jadwal. Namun dimungkin pada Agustus 2017 ini juga. Sebab, saat ini pihaknya tengah sibuk dengan berbagai pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tersangka baru yang akan diumumkan tidak dari kalangan ASN. Namun dia tidak menjelaskan apakah dari pihak rekaan atau kepala desa.

"Di luar ASN. Nanti media akan tahu, setelah kami umumkan. Sabar saja," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Kejari Siak mengumumkan Abdul Razak sebagai tersangka kasus Simkudes pada 31 Mei 2017. Kasus tersebut merugikan negara sebesar Rp hampir Rp 1,1miliar.

Sebanyak 80 kampung ikut mengadakan program Simkudes, dengan anggaran Rp 17,5 juta masing-masing desa. Namun hingga kini program sisten keuangan berbasis aplikasi itu tidak berfungsi.

Penetapannya sebagai tersangka setelah melalui penyelidikan dan penyidikan selama hampir 2 tahun, dalam kasus dugaan korupsi program Simkudes yang diselenggarakannya pada 2015 lalu. Berdasarkan hasil audit BPKP, ditemukan kerugian negara sebanyak Rp 1,163 miliar.(*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help