TribunPekanbaru/

Kasmawati Bawa Tema Kelapa Inhil di Riau Recycle Fashion Festival

Calya membawa ciri khas daerahnya yang dikenal sebagai Kabupaten dengan penghasil kelapa terbesar di Indonesia.

Kasmawati Bawa Tema Kelapa Inhil di Riau Recycle Fashion Festival
Istimewa
Busana daur ulang kelapa dalam Riau Recycle Fashion Festival. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM - Penampilan dari peserta Riau Recycle Fashion Festival Minggu (30/7/2017) sendiri memukau semua pengunjung Car Free day pagi itu, karena yang ditampilkan semuanya memilki keunikan masing-masing.

Seperti yang ditampilkan Calya Syakirah (9) peserta yang sengaja datang dari Tembilahan Inhil, peserta yang satu ini menggunakan bahan daur ulang sabut kelapa dan tempurung kelapa sebagai busana.

Kehadiran Calya memang menjadi perhatian dalam acara tersebut, karena membawa ciri khas daerahnya yang dikenal sebagai Kabupaten dengan penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Dalam festival itu Calya meraih juara harapan satu kategori anak-anak.

"Temanya Kelapa karena Inhil akan menjadi tuan rumah pertemuan Perkelapaan dunia pada September mendatang, makanya yang kami tampilkan khas dari daerah kami,"ujar ibunda Calya, Kasmawati saat berbincang dengan Tribun kemarin.

Menurut Kasmawati memilih kelapa dan temanya Kelapa inspirasi kehidupan, karena masyarakat Inhil bergantung hidupnya dengan Kelapa.

Busana daur ulang berbahan kelapa
Busana daur ulang berbahan kelapa (Istimewa)

Untuk proses pembuatannya sendiri Kasmawati hanya mengerjakan sendiri dan menjahit sendiri, dirinya menghabskan waktu selama tiga hari mengerjakan busana dari limbah kelapa tersebut.

"Untuk bahannya ada Tempurung, sabut dan kertas koran, ada yang dijahit, disulam dan ditempel, yang ngerjakan saya sendiri," ujar Kasmawati.

Sebelumnya KAsmwati juga pernah menampilkan busana daur ulang dari Kelapa saat anaknya ikut festival model di Jakarta dan berhasil meraih the best model dan pernah juga ikut di pulau Sumatra dan berhasil meraih peringkat dua.

"Saya senang dengan adanya kegiatan ini tentunya dan acara seperti ini Menginspirasi saya, karena banyak limbah yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan menjadi bermanfaat," jelasnya.

SUBSCRIBE Youtube: Tribun Pekanbaru,

LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru,

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru.

Penulis: Nasyuha
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help