TribunPekanbaru/

Permudah Layanan dengan Teknologi Informasi, Pelalawan Siap Realisasikan Program Smart City

Penerapakan smart city ini menjadi impian Bupati Pelalawan HM Harris sejak menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU)

Permudah Layanan dengan Teknologi Informasi, Pelalawan Siap Realisasikan Program Smart City
TribunPekanbaru/Johanes
Bupati Pelalawan, HM Harris menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Gerakan Menuju 100 Smart City beberapa waktu lalu di Kota Makasar 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, membuat kabupaten dan kota yang ada di seluruh di Indonesia berlomba-lomba ingin menerapkan inovasi baru yakni Smart City (Kota Cerdas). Demikian halnya dengan Kabupaten Pelalawan.

Pelalawan sendiri terpilih satu di antara 25 daerah yang menerapkan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Menyikapi hal itu, Pemkab Pelalawan akan menerapkan secepatnya.

Penerapakan smart city ini menjadi impian Bupati Pelalawan HM Harris sejak menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) beberapa waktu lalu di Makassar.

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa pelatihan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pelalawan pekan lalu.

"Dari awal kita sudah sangat siap melaksanakan Smart City ini. Makanya saya perintahkan Dinas Kominfo segera mengejar ke kementerian terkait," ujar Bupati Harris

Pelatihan yang dilaksanakan Kominfo mengenai pengenalan serta penerapan tentang Kota Cerdas ini merupakan tindaklanjut dari penandatangan MoU di Makassar, Sulawesi Selatan. Konsep ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Tujuan strategis implementasi smart city adalah untuk dapat membentuk dan menerapkan suatu kota yang aman, nyaman, terkendali dan mempermudah akses bagi warganya. Kemudian memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian, sosial dan teknologi. Sehingga dapat menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing), teknologi dan lingkungan (kenyamanan).

Dalam konsep itu, tahap awal penerapan kota cerdas tersebut, pihaknya akan memulai dari sistem pemerintah dulu. Setelah itu akan dilanjutkan dengan memberikan akses jaringan internet gratis kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Kepala Dinas Kominfo Pelalawan Fakhrizal menyampaikan, untuk saat ini, pihaknya tengah menyiapkan master plan perencaanaan Smart City dan selanjutnya akan menyiapkan detail engineering design (DED).

Tahap awal penerapan Smart City, Pemkab Pelalawan membenahi dari sistem pemerintahan dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help