TribunPekanbaru/

Pekanbaru

Perpusda Kota Pekanbaru Miliki Koleksi 25 Ribu Buku Lebih

Koleksi buku digital yang jumlahnya sebanyak 4.100 judul tersebut bisa diakses melalui aplikasi smartphone 'iPekanbaru'.

Perpusda Kota Pekanbaru Miliki Koleksi 25 Ribu Buku Lebih
TribunPekanbaru/Syahrul Ramadhan
Suasana penyerahan bantuan dari ISR kepada DPK Kota Pekanbaru. ISR menyerahkan sebanyak 15 dus bantuan buku guna menambah koleksi perpustakaan daerah Kota Pekanbaru. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Syahrul Ramadhan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Pekanbaru sudah memiliki 21.586 koleksi buku.

Berdasarkan data yang dikutip dari dinas terkait, hingga Juni 2017 DPK sudah mengoleksi berbagai jenis buku dalam jumlah tersebut.

Disampaikan oleh Kadis DPK Nelfiyonna ppada Selasa (1/8/2017), pihaknya membagi koleksi bukunya kedalam lima jenis. Fiksi, non fiksi, referensi, terbitan pemerintah dan terbitan lokal.

"Sampai kini, kami terus mengusahakan penambahan koleksi di perpustakaan daerah Kota Pekanbaru. Selain dengan cara mengumpulkan melalui pembelian, kami juga menerima bantuan hibah buku dari berbagai pihak," kata Nelfiyonna.

Diterangkannya, jumlah buku tersebut belum ditambah dengan koleksi buku digital yang sudah dikembangkan oleh DPK Kota Pekanbaru.

Sedikitnya, pustaka yang berlokasi di Jalan Sutomo ini sudah memiliki buku digital berjumlah 4.100 judul. Koleksi buku digital tersebut bisa diakses melalui aplikasi smartphone 'iPekanbaru'.

Dengan banyaknya koleksi tersebut, pihak DPK terus mengupayakan angka kunjungan masyarakat pembaca ke perpustakaan.

Menurut catatan perpustakaan, tingkat kunjungan ke perpustakaan daerah masih terhitung kecil jika dibandingkan dengan jumlah koleksi disana.

"Per akhir Juli 2017, jumlah pengunjung ke pustaka daerah Kota Pekanbaru berkisar pada angka rata-rata 1.034 orang. Dengan jumlah rata-rata peminjaman buku berkisar di angka 2.394 eksemplar," tandasnya. (*)

Penulis: Syahrul
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help