TribunPekanbaru/

Percepat Revolusi Pertanian di Riau, Effendi Sianipar Terus Perjuangkan Alsintan untuk Petani

"Perjuangan Pak Effendi untuk mendapatkan alsintan tersebut melalui APBN sebagai bukti kepeduliannya kepada

Percepat Revolusi Pertanian di Riau, Effendi Sianipar Terus Perjuangkan Alsintan untuk Petani
Istimewa
Anggota DPR RI Ir. Effendi Sianipar 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ir Effendi Sianipar berharap terjadi percepatan revolusi pertanian di Riau. Untuk itu, dibutuhkan dukungan pemerintah berupa peralatan dan teknologi yang membantu petani dalam meningkatkan pengolahan lahan sehingga berdampak pada produksi hasil pertanian.

Sebagai bukti nyata, politisi PDI Perjuangan tersebut terus memperjuangkan distribusi alat mesin pertanian (alsintan) bagi pertani yang merupakan warga Riau tiap tahunnya melalui dana APBN.

"Peningkatan produksi pertanian dipengaruhi langsung oleh transfer teknologi dan peralatan kerja. Mesin pertanian harus diberikan kepada petani untuk membantu mereka meningkatkan produksi pertaniannya," kata Effendi Sianipar, Kamis (3/8/2017).

Anggota DPR dari Dapil Riau I pada tahun 2017 ini akan memperjuangkan kembali sebanyak 4 unit traktor roda empat dan 35 set mesin pompa air bagi petani di Rohul. Selain itu, ada sebanyak 35 unit hand tracktor yang akan didistribusikan ke masyarakat melalui Dinas Pertanian Kabupaten Rohul.

"Perjuangan Pak Effendi untuk mendapatkan alsintan tersebut melalui APBN sebagai bukti kepeduliannya kepada petani. Kita juga tetap berkoordinasi dengan pemda Riau," kata Wahyu, staf dapil Effendi Sianipar yang juga merupakan Kepala BPEK PDI Perjuangan Rokan Hulu

Effendi menegaskan, bantuan alsintan tersebut untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Presiden Jokowi melalui Kementerian Pertanian. Dengan adanya bantuan alsintan tersebut diharapkan para petani di Rokan Hulu makin produktif.

"Penggarapan lahan pangan yang selama ini dilakukan secara manual harus dialihkan menjadi mekanikal atau berbasis mesin yang modern. Ini akan berdampak terhadap efektifitas dan efisiensi waktu serta biaya yang harus ditanggung oleh para petani," kata Effendi Sianipar.

Ia berharap upaya mekanisasi pertanian ini bisa semakin meningkatkan kesejahteraan petani. Apalagi, saat ini pemerintah menjamin harga hasil pertanian menguntungkan bagi petani.

"Harapkan kita petani sejahtera. Karena kesejahteraan petani menjadi indikator kesejahteraan negara," tegas Effendi. (*)

Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help