TribunPekanbaru/

300 Rumah di Sengkemang Siak Masih Gunakan PLTD

Dari 350 KK penduduk desa Sengkemang, kecamatan Koto Gasib, kabupaten Siak, baru sekitar 50 rumah yang sudah teraliri listrik PLN.

300 Rumah di Sengkemang Siak Masih Gunakan PLTD
TRIBUNPEKANBARU.COM/THEO RIZKY
Ilustrasi. 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Dari 350 KK penduduk desa Sengkemang, kecamatan Koto Gasib, kabupaten Siak, baru sekitar 50 rumah yang sudah teraliri listrik PLN. Sebanyak 300 rumah lainnya masih bersusah payah menerangi rumah mereka dengan mesin genset (PLTD).

Sementara jaringan distribusi daya dari PLN sudah dibangun Distamben Provinsi Riau. Namun PLN belum bisa mengoperasikan distribusi daya itu, mengingat Pemkab Siak belum memperbaiki beberapa kerusakan perangkat.

Kepala Desa (Penghulu Kampung) Sengkemang Adi Afri mengatakan, masing-masing warga yang rumahnya belum teraliri listrik PLN terpaksa membeli mesin genset. Ada juga sebagian lainnya yang menggunakan lampu sumbu dengan bahan bakar minyak tanah.

"Kami tidak tahu permasalahannya kenapa belum juga warga kami menyuplai daya ke rumah-rumah warga. Padahal sebagian besar sudah membayar sambungan," kata dia, Senin (7/8/2017).

Pihaknya bakal mempertanyakan hal tersebut ke Pemkab Siak dan PLN Rayon Siak. Sebab, mereka ingin listrik PLN bisa beroperasi secepatnya demi kemudahan warga setempat.

"Pakai mesin genset itu biaya banyak. Jadi warga memang merindukan listrik PLN," kata dia. (*)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help