TribunPekanbaru/

Mengenal Lebih 'Pawai Telong-telong', Pembangkitkan Semangat Patriotisme

kegiatan yang diikuti aparatur sipil negara (ASN) bersama masyarakat dari 11 kecamatan dengan 104 kelurahan ini, menampilkan beragam seni dan budaya

Mengenal Lebih 'Pawai Telong-telong',  Pembangkitkan Semangat Patriotisme
valora.co.id/humas
Anak-anak dari 104 kelurahan di Kota Padang, mengikuti Pawai Telong-telong yang dipusatkan di Pantai Cimpago, Padang, Minggu (6/8/2017). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kembali menggelar 'Pawai Telong-telong,' dalam menyemarakan hari jadi Kota Padang ke-348 tahun pada 7 Agustus 2017 ini.

Dikutip dari valora.co.id kegiatan yang diikuti aparatur sipil negara (ASN) bersama masyarakat dari 11 kecamatan dengan 104 kelurahan ini, menampilkan beragam seni dan budaya yang dimiliki disertai aksi teatrikal perjuangan mengusir penjajah di Kota Bingkuang pada masa lampau.

Sementara, pelepasan lampion dan kembang api, semakin memeriahkan malam penyambutan hari jadi ibukota Provinsi Sumatera Barat itu.

Hadir dalam kesempatan itu, Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo bersama Wakil Walikota Emzalmi, Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD Pemko Padang serta tamu undangan lainnya.

Mahyeldi dalam kesempatan itu mengatakan, warga Kota Padang tentu pasti ingat sejarah pada 348 tahun yang lalu tepatnya tanggal 7 Agustus 1669. Dimana pada malamnya tanggal 6 terjadi peristiwa heroik oleh masyarakat yang bersatu melawan penjajah Belanda, dengan melakukan serangan ke loji-loji VOC di Kota Padang.

Penyerangan ini pun dilakukan hanya dengan cara sederhana dengan iring-iringan membawa obor maka terjadilah serangan yang tak diduga sama sekali oleh Belanda. Sehingga alhasil, loji-loji VOC banyak terbakar yang menyebabkan Belanda sangat banyak menderita kerugian.

"Momen heroik inilah yang dijadikan dan diperingati sebagai hari jadi Kota Padang. Alhamdulillah, sekarang telah berusia 348 tahun," sebut Mahyeldi dalam kegiatan yang dipusatkan di Pantai Cimpago Purus, Minggu (6/8/2017).

Dikatakan, dengan usia yang sudah 348 tahun tersebut diharapkan Kota Padang terus melaju ke arah yang semakin baik lagi. Terutama menjadi sebuah kota yang kondusif dan nyaman dan masyarakatnya yang sejahtera.

"Oleh karena itu, mari kita wariskan semangat kepahlawanan dari para pendahulu kita baik yang diakui sebagai pahlawan nasional ataupun pejuang bagi kota ini. Semoga kita bersama senantiasa bersinergi membangun Kota Padang yang kita cintai ini," imbau Mahyeldi bersemangat.

Kepala Disbudpar Padang, Medi Iswandi menyebutkan, Pawai Telong-telong ini diadakan di samping menyambut dan memeriahkan hari jadi Kota Padang juga menyambut HUT RI ke-72. Tujuan yaitu, terutama untuk mengingat dan melestarikan nilai-nilai kepahlawanan dari masyarakat Kota Padang.

Kemudian membangkitkan semangat patriotisme serta persatuan dan kesatuan bagi warga kota dalam membangun Padang ke depan. "Alhamdulilah, kita bersyukur sekali tidak hanya peserta, masyarakat pun sangat antusias dengan hadir tumpah meriah dalam kegiatan ini," ungkap Medi.(*)

Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help